Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 03 April 2008

Cornelis: Penyusunan RPJMD Kalbar 2008-2013 Telah Selesai

GUBERNUR Kalimantan Barat, Cornelis menyatakan telah menyelesaikan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2008-2013 sebelum tenggat waktu tiga bulan sesuai UU No 25 tahun 2005 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional berakhir.


"Sekarang sudah selesai. Tapi belum diserahkan ke DPRD," kata Gubernur Kalbar, Cornelis di Pontianak, Rabu.
Berdasarkan Pasal 19 UU tersebut, RPJMD ditetapkan dalam Peraturan Kepala Daerah paling lambat 3 (tiga) bulan setelah Kepala Daerah dilantik. Cornelis yang berpasangan dengan Christiandy Sanjaya dilantik sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar pada 14 Januari 2008.
"Sekarang juga terbit PP baru dengan tenggat waktu penetapan RPJMD menjadi Perda paling lambat enam bulan," kata Cornelis.
Dalam menyusun RPJMD, Pemprov Kalbar telah melibatkan seluruh jenjang pemerintah mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten/kota. Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat provinsi dilakukan pada Senin (18/2).
Di dalam RPJMD tersebut, di antaranya tercakup pemetaan pembangunan berdasarkan kondisi geografis daerah seperti pesisir, pedalaman dan perbatasan serta pembentukan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) sesuai PP No 41 tahun 2007.
Secara garis besar, konsep utama pembangunan di Kalbar dalam lima tahun mendatang akan dibagi menjadi empat wilayah yakni pesisir, pedalaman, kepulauan dan perbatasan.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalbar, Fathan A Rasyid mengatakan, konsep tersebut akan menjadikan perbatasan sebagai beranda depan negara Indonesia.
"Mengedepankan kesejahteraan ekonomi dan sosial, paralel dengan pendekatan keamanan serta keseimbangan lingkungan hidup menjadi rancangan pembangunan di perbatasan," kata Fathan.
Pembangunan lima pusat pengembangan pintu perbatasan yakni Entikong (Sanggau), Aruk (Sambas), Jagoi Babang (Bengkayang), Jasa (Sintang) dan Badau (Kapuas Hulu), diharapkan menjadi pengungkit ekonomi di daerah sekitar.□Antara/Borneo Tribune

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger