Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Senin, 18 Februari 2008

Pesan Presiden SBY Kepada para Gubernur



Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpesan pada gubernur seluruh Indonesia, dapat mengelola segala pembangunan di daerah dan berperan secara aktif dalam mengendalikan harga pangan yang akhir ini melonjak.

Selain itu, harga kebutuhan yang kini berpengaruh pada daya beli masyarakat ini, SBY juga meminta Gubernur mengoptimalkan penggunaan anggaran baik APBN maupun APBD seefisiensi mungkin.
“Selaku aparatur, berikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, baik, ramah dan murah. Hal ini perlu dilakukan karena rakyat yang memilih kita, oleh sebab itu wajar apabila kita memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” kata SBY dengan tegas pada saat membuka rapat kerja nasional APPSI di Istana Negara Jumat (15/2).
Maka dalam forum APPSI ini gubernur diharapkan dapat menyatukan gerak langkah agar bersinergi, karena sebagai perwakilan pemerintah pusat mempunyai peran dan tugas yang sangat penting dalam mensukseskan segala program pemerintah pusat.
Gubernur seluruh Indonesia merumuskan konsep dan rekomendasi tentang revisi UU Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, yang melibatkan beberapa narasumber yang luar biasa, seperti Mendagri, Menteri Negara Lingkungan Hidup, Menteri Keuangan, Menteri Pertanian, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Gubernur Lemhanas.
Dari hasil rapat pleno kemarin, telah menelurkan beberapa rekomendasi diantaranya, menguatkan peran gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah, dengan menerbitkan peraturan pemerintah (PP) yang mendefenisikan secara rinci tugas pokok fungsi gubenur sebagai wakil pemerintah pusat disemua sektor pelayanan pemerintahan.
Meski sering direkomendasikan dalam APPSI, namun hingga saat ini belum mendapatkan respon yang positif dari pemerintah pusat. Padahal PP yang definitive dan rinci tersebut dapat mempermudah gerak pemerintah pusat dalam merespon dinamika ekonomi, politik dan sosial di daerah serta merevisi UU Nomor 32 Tahun 2004 Tentang pemerintah daerah.
SBY menambahkan, situasi ekonomi dunia dan perubahan iklim telah menjadi perhatian dunia, yang akhirnya berdampak pada perkembangan ekonomi khususnya di Indonesia. Itu sebabnya, SBY memandang mensinergikan segala program kerja baik itu tingkat provinsi, pusat maupun kabupaten dan kota sangat perlu.
Sekjen APPSI Moerdiman Reksomarnoto, mengatakan, rakernas APPSI ini dilakukan untuk menampung pendapat dari gubernur seluruh Indonesia tentang pemantapan penyelenggaraan pemerintah daerah dan pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat daerah.
Melalui tema yang diangkat, “Dengan Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Pelayanan Publik Untuk Kesejahteraan Rakyat” kemarin, Moerdiman menjelaskan melalui Nasir, Humas Pemprov Kalbar, bahwa tema telah sesuai dengan program pemerintah, sehingga memperoleh tanggapan positif dari Presiden RI, SBY.
Dalam pembukaan rakernas kali itu, tampak hadir Mendagri, H. Mardiyanto, Menteri Kesra, Aburizal Bakrie, Sekneg Hatta Rajasa.(humas Pemprov Kalbar)□Aulia Marti/Borneo Tribune

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger