Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 14 Februari 2008

Cornelis: Penyelenggara Haji Jangan Menzalimi Jamaah

Penyelenggara haji jangan menzalimi jamaah. Penyelenggaraan ibadah haji bukanlah pekerjaan yang mudah, karena harus mengkoordinir 2.300-an calon haji dari berbagai daerah seantero Kalbar, dengan berbagai latar belakang pendidikan dan budaya. Apalagi sebagian besar jamaah calon haji adalah orang yang sudah tua atau usia lanjut.

Oleh karena itu panitia penyelenggara haji tidak boleh menzalimi jamaah dan harus memberikan pelayanan yang terbaik. Pengurus haji jangan sampai justru menjadi orang yang diurus. Karenanya mentalitas birokrasi yang tidak baik harus dirobah menjadi mentalitas pelayanan yang sebaik-baiknya.
Demikian diungkapkan Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH saat memberikan sambutan dan pengarahan pada Pembukaan Rapat Evaluasi Penyelenggara Haji Kalbar pada 1248 H / 2007 M, bertempat di Aula Kanwil Depag Prov. Kalbar, Senin (4/2) kemarin.
Gubernur juga meminta agar evaluasi yang dilakukan bukan hanya sebatas penyelenggaraan haji tahun lalu, namun juga meliputi kondisi Asrama Haji, apakah masih layak atau bahkan harus ditingkatkan lagi. Begitu pula soal makanan, agar dapat ditingkatkan pula. Pelayanan kesehatan perlu mendapat perhatian serius, hal ini juga terkait dengan petugas medis untuk jamaah haji itu sendiri.
”Jangan sampai orang yang tidak patut meninggal, harus meninggal, misalnya ada jamaah meninggal hanya karena diare. Kedepan itu tidak boleh terjadi,” tegas Cornelis.
Sementara itu, Kakanwil Depag Prov. Kalbar, Drs. H. Rasmi Sattar, M.Pd dalam laporannya menyatakan bahwa rapat evaluasi diikuti oleh seluruh Kakandepag Kab/Kota se-Kalbar, Komisi D DPRD Kalbar, petugas haji kloter maupun non-kloter, Pemda Kalbar, Dinas Perhubungan Kalbar, Dinas Kesehatan Kalbar, Bank Penerima Setoran Haji di Pontianak, PT Angkasa Pura, Poltabes Pontianak, KBIH dan FK KBIH.
Rapat Evaluasi yang berlangsung sehari penuh ini dipimpin langsung oleh Asisten II Setda Kalbar, Drs. HA. Munir, MM selaku Ketua Umum PPIHD Kalbar 1428 H/2007 M.□Borneo Tribune

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger