Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 31 Januari 2008

Gubernur-Bupati Mantapkan Koordinasi Pembangunan

Untuk pertama kalinya semenjak dilantik 14 Januari lalu, Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH memimpin langsung rapat kerja gubernur dengan para bupati/walikota serta camat se-Kalimantan Barat. Rapat yang dilaksanakan di Balai Petitih Kantor Gubernur itu dihadiri seluruh bupati/walikota serta camat se-Kalimantan Barat ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan baru berakhir pukul 15.00. Rapat tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur, Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM.

Gubernur Kalbar Cornelis mengatakan rapat kerja (Raker) ini untuk mengawali kepemimpinannya selaku gubernur di dalam men-sinergi-kan program-program prioritas pembangunan daerah Kalbar dengan level atau jenjang pemerintah terdepan.
“Gubernur selaku perpanjangan pemerintah pusat di daerah dan bupati serta camat adalah ujung tombaknya. Jadi gubernur lebih pada tugas mengkoordinir pembangunan yang ada,” jelasnya.
Lebih jauh Cornelis mengatakan, keberadaan camat pada hakikatnya berada pada lini terdepan, karena camatlah yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat, kepentingan, kehendak dan aspirasi masyarakat.
“Dengan kata lain gerak maju pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan berada di dalam kendali camat sebagai ujung tombak,” katanya.
Cornelis beranggapan wajar bila sasaran pembangunan daerah Kalimantan Barat kedepanya terpenuhinya kebutuhan mendasar masyarakat. Dan sasaran pembangunan itulah yang ingin diwujudkan Cornelis dalam masa kepemimpinannya selama lima tahun kedepan yang ia istilah program prioritas lima tahun kedepan.
Ketujuh sasaran pembangunan itu diantaranya peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat, yang diupayakan melalui pencapaian program revitalisasi pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, industri, pengembangan koperasi dan UKM dan pembangunan lingkungan hidup.
Peningkatan kecerdasan sumber daya manusia yang diupayakan melalui pencapaian program keterampilan masyarakat, serta lima poin lainnya yang mengutamakan peningkatan derajat baik kesehatan masyarakat, semberdaya aparatur pelayanan publik, pembangunan infrastruktur, dan juga pemerataan pembangunan.
Esensi dari rapat kerja ini sebenarnya untuk semakin menjalin dan meningkatkan fungsi-fungsi koordinasi pemerintah, pemantapan pembinaan dan pengawasan pemerintah daerah kabupaten/kota, serta konsolidasi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) seluruh satuan kerja perangkat daerah provinsi Kalbar.
Tapi yang tepenting kata Cornelis, adalah semakin memantapkan penyelenggaraan koordinasi atas tugas pemerintah hingga ke tingkat kecamatan.
Beberapa bupati yang menjadi peserta ketika ditemui juga mengungkapkan apa yang disampaikan Gubernur Cornelis merupakan langkah strategis untuk membangun Kalbar, karenanya garis koordinasi merupakan faktor utama pembangunan, tanpa koordinasi antara satu dengan lainnya kemungkinan besar pembangunan tersebut tidak akan jalan.
“Koordinasi pembangunan seperti ini penting, dan saya yakin pak Gubernur faham betul dengan tugas pemerintahan seperti ini. Sebab pembangunan harus merata antar daerah jangan lagi terjadi kepincangan seperti yang sudah-sudah,” kata Bupati Sintang, Drs. Milton Croby, M.Si.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger