Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 04 Desember 2007

Zulfadhli: Pelantikan Gubernur 14 Januari


Andry
Borneo Tribune, Pontianak

KPU Daerah Kalbar menyerahkan SK Nomor 37 tentang penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan SK Nomor 38 tahun 2007 tentang penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih kepada Ketua DPRD Kalbar untuk disampaikan kepada Presiden melalui Mendagri untuk ditetapkan, Senin (3/12) kemarin.


Suasana keakraban tampak menyelimuti proses penyerahan tersebut. Sesekali terlihat senyuman yang menyembul dari anggota dewan dan pihak penyelenggara Pemilu yang menyaksikan proses penting tersebut.
Tak ketinggalan para kuli tinta larut mengabadikan momen. Pukul 13.28 WIB, Ketua KPUD Provinsi Kalbar, Aida Mokhtar, S.Ag, M.Hum menyerahkan dua SK kepada Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Ir H Zulfadhli disaksikan semua anggota KPU Kalbar, Nazirin, SH, MS Budi, ST, Drs. P Baringan, RE Nyarong, SH, MH, Suprianto, S.Th, Ali Said, SH, Asmaniar, SH, Drs Hadlir Noor dan Zainal Abidin mewakili dewan.

“Kami atas nama pimpinan DPRD Provinsi Kalbar berterima kasih atas penyerahan SK penetapan ini. Hal ini memang merupakan serangkain proses yang memang diatur oleh Undang-undang. Merupakan prestasi bagi Kalbar dapat menyelenggarakan proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur secara aman dan damai,“ ungkap Ketua DPRD Kalbar, Ir H Zulfadhli.

DPRD Kalbar mengucapkan terima kasih kepada KPUD Kalbar dan kabupaten/kota beserta jajarannya yang telah berhasil menyelenggarakan Pilgub secara aman dan damai. Menurut Zulfadhli hal ini tentu menjadi catatan sejarah bagi seluruh masyarakat Kalbar, di mana Pilgub dapat terselenggara secara aman dan damai.

Ketua DPRD Provinsi termuda se-Indonesia ini juga mengingatkan kepada pihak penyelenggara Pemilu ini agar menyiapkan segala kompilasi laporan secara lengkap, baik yang menyangkut berbagai keputusan maupun anggaran yang dipergunakan KPU dalam menyelenggarakan Pilgub kepada DPRD Kalbar. “KPU akan menyampaikan hasil kinerjanya sekaligus melakukan evaluasi terkait proses yang telah berjalan,“ katanya.

Mantan aktivis mahasiswa ini juga mengatakan bahwa SK KPU Provinsi Kalbar ini akan segera disampaikan kepada Presiden melalui Mendagri. Dan diharapkan agar Presiden segera mengesahkan pasangan calon terpilih Drs. Cornelis, MH dan Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM selaku pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar periode 2008-2013. “Tanggal 14 Januari 2007 dewan akan menggelar rapat paripurna istimewa DPRD untuk mengambil sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur terpilih,“ ucapnya.

“Sesuai dengan Undang-undang memang setelah dilakukan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU, dan setelah mendapat kepastian dari Pengadilan Tinggi Pontianak maka selambat-lambatnya 3 hari kami akan menyerahkan SK KPU ini kepada DPRD Kalbar untuk dilanjutkan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri,“ kata Aida.

Ia menambahkan, bahwa proses selanjutnya berada di pihak DPRD Kalbar, dan selambat-lambatnya 3 hari dewan harus menyerahkan SK tersebut kepada Presiden melalui Mendagri. Setelah dewan menyerahkan SK tersebut kepada Presiden melalui Mendagri, maka selambat-lambatnya 30 hari hal itu akan segera ditetapkan oleh Presiden. “Mudah-mudahan serangkaian proses ini dapat berjalan sesuai dengan waktu yang memang telah diatur oleh Undang-undang. Sehingga proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih dapat berjalan sesuai dengan agenda yang telah direncanakan,“ pungkas Aida Mokhtar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilih, pasangan Cornelis dan Christiandy Sanjaya, memperoleh suara sebanyak 930.679 pemilih atau 43,67 persen, Usman Ja`far - Laurentius Herman Kadir (incumbent) dengan perolehan suara 659.279 pemilih, Oesman Sapta Odang - Ignatius Lyong 335.368 pemilih, M Akil Mochtar - Anselmus Robertus Mecer 205.763 pemilih, dan Cornelis - Christiandy Sanjaya 930.679 pemilih.

Berdasarkan itu, KPU Kalbar menetapkan pada 27 November, pasangan Cornelis dan Christiandy Sanjaya yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih periode 2008-2013. ■

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger