Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 16 November 2007

Pleno Hasil Akhir Pilgub Landak Digelar Selasa

Arthurio Oktavianus
Borneo Tribune, Ngabang

Penentuan akhir mengenai jumlah suara pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar periode 2008-2013 di Kabupaten Landak akan dilakukan oleh anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Landak dalam sidang pleno pada Selasa (20/11) nanti.


Menurut Ir. Sudianto, Ketua KPUD Landak, yang diwawancarai di ruang kerjanya pada Jumat (16/11). Sidang pleno ini juga sebagai batas akhir perhitungan suara dari daerah. “Ini sudah ketetapan dari KPU Provinsi,” ujarnya.
Hasil perolehan suara pilgub di Landak masih bersifat sementara karena masih menunggu jumlah suara dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang ada di 10 Kecamatan di Landak.
Bila sidang pleno tingkat PPK sudah siap melalui kesepakatan bersama saksi yang hadir dalam perhitungan, ujar Sudianto, hasil tersebut baru dikirimkan ke KPUD. Karenanya hasil yang masuk ke kantor KPUD pun masih sementara karena proses perhitungan di PPK masih tetap berjalan.
Jumlah suara yang masuk ke KPUD Landak sendiri hingga pukul 20.00 sebanyak 208.890 suara dari 228.030 jumlah pemilih tetap yang terdaftar. Berarti masih ada 19.140 jumlah suara yang masih belum masuk ke KPUD Landak.
Ketika ditanya mengenai adanya pemilih yang tidak mendapatkan hak untuk memilih, Sudianto mengatakan bahwa hal tersebut seharusnya sudah diantisipasi jauh hari oleh pemilih. “Pemilih harus aktif,” ujarnya. Untuk mengecek pengumuman daftar pemilih yang didata oleh petugas.
Menurut Sudianto, partisipasi pemilih secara aktif untuk menjadi pemilih masih perlu ditingkatkan. Bila pemilih tidak aktif dan pada saat pemilihan berlangsung ternyata mereka tidak terdaftar. Akan merugikan pemilih sendiri.
Karenanya, ujar Sudianto, tidak akan ada pengulangan yang dilakukan baik mengenai daftar pemilih maupun pemilihan itu sendiri.
Pemilihan secara langsung di Landak merupakan pemilihan yang sudah kedua kalinya di lakukan. Karenanya, ujar Sudianto, tanggung jawab masyarakat terhadap pelaksanaan pilgub cukup tinggi. Belajar dari pengalaman yang mereka lakukan pada pemilihan langsung yang pertama.
Proses pelaksanaan pilgub di Landak, ujar Sudianto, berjalan dengan lancar. “Saya pikir pelaksanaan pilgub di sini sudah jauh lebih baik,” ujarnya. Dimana tidak ada komplain di lapangan selama pemilihan berlangsung.
Dengan pengalaman yang ada, menjadikan masyarakat paham dengan arti pentingnya demokrasi yang dilakukan secara langsung ini. Hal ini juga menunjukkan tingkat kedewasaan masyarakat dalam berdemokrasi. Akhir pesta akbar pun akan ditentukan dalam hitungan hari.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger