Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 16 November 2007

Pengumuman Hasil Penghitungan KPU Dinanti Warga

Budi Rahman
Borneo Tribune, Pontianak

Hasrat untuk tahu lebih cepat atas hasil Pilgub menghinggapi warga. Tak cukup bertanya dengan sesama rekan lewat SMS, semua akses yang menyediakan informasi tersebut diserbu warga. KPU menjadi destinasi paling diminati warga untuk mencari informasi.


Seperti yang terlihat kemarin, Jumat (16/11) di Kantor KPUD Kalbar, Jalan Ahmad Yani. Hilir mudik warga memperhatikan secarik kertas yang tertempel di papan pengumuman yang terpasang di halaman kantor. Penjagaan ketat aparat keamanan tak menghalangi minat warga untuk memburu informasi terkini tersebut.
Sejumlah polisi dari kesatuan Brimob Polda Kalbar standby di halaman kantor KPU. Mobil penghalau massa dengan perlengkapan water cannon-nya juga disiagakan tak jauh dari lokasi kantor.
Dalam sehari KPU menurut pengumuman yang tertempel di papan pengumuman menyampaikan empat kali up date data. Masing-masing pada pagi hari pukul 08.00, untuk siang pada pukul 12.00, sore hari pukul 15.00, petang pukul 18.00 dan malam hari pada pukul 22.00. Namun pada kenyataannya penyampaian data terbaru tidak sesuai dengan jadwal, sebab pada saat warga melihat di sore hari data yang tertera masih data siang hari pukul 12.00. Sungguhpun demikian minat dan antusiasme warga masih tinggi untuk menyaksikan perolehan suara terkini versi resmi tersebut.
Adapun data resmi yang tertera kemarin pada sore hari menempatkan Cornelis sebagai kampiun. Dari data resmi KPUD Kalbar yang dirilis pukul 12.00 siang tersebut ada lima kabupaten yang telah mengirimkan data resminya. Masing-masing Kabupaten Bengkayang, Landak, Sintang, Kapuas Hulu dan Ketapang/KKU. Untuk Bengkayang Cornelis menang telak dengan 27.630 suara, UJ di posisi kedua dengan 12.323. Sementara OSO hanya mendapat 4.971 dan Akil 2.427 suara. Kabupaten Landak juga demikian. Cornelis menang telak dengan 154.812 suara, disusul OSO dengan 9.284 suara. UJ di posisi ketiga dengan 8.632 dan Akil mendapat 6.941 suara.

Beberapa warga pengunjung yang ditanyai alasannya mengejar informasi dari KPU mengaku sengaja datang karena didorong rasa ingin tahunya. Hendro, salah satu pengunjung yang datang bersama 3 rekannya mengaku sejak malam sebelumnya mencari perolehan data sementara tersebut.
“Tadi malam kami datang ke sini tapi belum ada datanya. Saya bersama rekan-rekan memang cukup resah dan sangat ingin tahu hasil perolehan suara ini,” kata mahasiswa ini apa adanya.
Senada dengan Hendro, dua orang rekannya juga mengaku sangat ingin tahu hasil Pilgub yang telah dilakukan kemarin. Menurut mereka hasil perolehan suara tersebut sangat mereka butuhkan untuk menjawab pertanyaan rekan dan anggota keluarga yang bertanya pada mereka.
Setelah melihat hasil perolehan suara tersebut ketiga pemuda tersebut pun mengekspresikan pendapatnya masing-masing.
“Yang jelas kita sebagai masyarakat biasa harus sportif menerima kemenangan kandidat yang menanglah,” kata Hendro.
“Panwas dan KPU harus segera melakukan cross check di lapangan kalau ada pelanggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu di lapangan,” kata Ridwan memberi saran. 

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger