Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 16 November 2007

Hasil Perhitungan Suara Masih Fluktuatif

Arthurio Oktavianus
Borneo Tribune, Ngabang

‘Nasib’ keberuntungan kandidat mana yang akan menjadi nahkoda pulau sejuta sungai ini masih berupa tanda tanya. Hasil perhitungan sementara yang terus bergulir, masih fluktuatif. Final answer yang mengarah kepada kandidat pun masih belum mencapai angka pasti.


Bukan hanya para kandidat yang bertanya-tanya mengenai hasil perolehan suara yang terkumpul dari seluruh wilayah Kalimantan Barat, sejak pemungutan dilakukan pada Kamis (15/11) lalu. Rakyat yang juga menjadi penentu dengan suara yang mereka berikan bagi para kandidat, turut menanti hasil akhir keputusan.
Begitu pula dengan masyarakat Landak, secara bergantian mereka berdatangan ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Landak, untuk melihat pengumuman hasil perhitungan sementara yang diperoleh di Landak.
Seperti pada Jumat (16/11) siang, beberapa warga tampak berdiri di depan papan pengumuman dan mencatat hasil perhitungan sementara di telepon seluler mereka. Data yang masuk ke KPUD Landak memang masih belum final. Angka yang ada masih terus bertambah.
Berdasarkan data yang diperoleh dari KPUD Landak pukul 13.00. rekapitulasi hasil perhitungan suara sementara pilgub masih didominasi oleh pasangan Cornelis-Sanjaya dengan jumlah suara 157.464.
Menyusul pasangan Oesman Sapta-Lyong dengan perolehan suara sebanyak 9.373. berturut-turut pasangan Usman Ja’far-LH. Kadir sejumlah 8.675 dan Akil Mohktar-AR. Mecer dengan jumlah 7.110.
Menurut Ir. Sudianto, Ketua KPUD Landak, hasil tersebut belum termasuk dari Kecamatan Sebangki yang belum memberikan jumlah suara sementara. Total suara yang masuk pun berjumlah 182.622, dari 228.030 pemilih yang terdaftar.
Angka untuk setiap pasangan kandidat pada pukul 15.00 bertambah. Hasil sementara dari Kecamatan Sebangki sudah masuk. Perolehan angka pun berubah, dimana pasangan Cornelis-Sanjaya memperoleh 161.462 suara.
Kandidat dengan perolehan angka dibawah pasangan Cornelis-Sanjaya adalah pasangan Usman Ja’far-LH. Kadir dengan jumlah suara yang masuk sebanyak 12.240. Disusul kemudian pasangan Oesman Sapta-Lyong dengan 9.817 suara dan pasangan Akil Mohktar-AR. Mecer dengan 7.555 suara. Total suara yang masuk pada pukul 15.00 berjumlah 191.074 suara. Berarti masih menunggu 36.956 suara yang belum masuk.
Perolehan suara pada pukul 20.00 kembali berubah. Pasangan Cornelis-Sanjaya mengumpulkan 178.255 suara. Disusul oleh pasangan Usman Ja’far-LH. Kadir dengan jumlah suara 12.056.
Kemudian pasangan Oesman Sapta-Lyong dengan 10.694 suara dan terakhir pasangan Akil Mohktar-AR. Mecer dengan 7.885 suara. Hasil perolehan ini pun makin mendekati akhir dimana total keseluruhan pemilih yang masuk adalah 208.890 orang. Karenanya, jawaban mengenai siapa yang akan memimpin Kalbar, masih dalam proses.
Kita sebagai masyarakat maupun para kandidat, harus bersabar menanti hasil pilihan rakyat ini. Berhitung mundur bisa kita lakukan dari sekarang, menghadapi detik-detik penentuan akhir.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger