Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 22 November 2007

Cornelis-Cristiandy Peroleh Suara Terbanyak

Herkulanus Agus
Borneo Tribune, Sanggau

Pleno rekapitulasi perhitungan suara di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sanggau, Kamis (22/11) sudah final. Pasangan nomor urut 4 Cornelis dan Cristiandy menempati posisi pertama dengan perolehan 151.177 suara disusul pasangan UJ-LHK di urutan kedua dengan perolehan 43.748 suara, ketiga pasangan Akil-Mecer dengan 14.466 suara dan keempat pasangan OS-Lyong dengan 10.986 suara.

Sejak perhitungan secara resmi di KPUD Sanggau beberapa waktu lalu. Suara Cornelis sudah tampak dominan. Ia unggul di 14 Kecamatan atau PPK di Kabupaten Sanggau. Yaitu Kecamatan Kapuas 17.097, Meliau 14.478, Bonti 8093, Parindu 15.971, Jangkang 11.496, Kembayan 12.071, Beduai 4.845, Sekayam, 8.424, Entikong 5.443. Noyan 5.108, Tayan Hulu 15.396. Balai 13.163. Tayan Hilir 10.494 dan Toba 6077. Sementara Uj-LH unggul tipis di Kecamatan Mukok dengan 3.330 suara.
Kegembiraan terpancar dari wajah para pendukung kandidat Cornelis-Cristiandy. Termasuk Krisantus Kurniawan, S. IP, tim sukses Cornelis untuk wilayah Sanggau yang sempat menyaksikan perhitungan akhir. Hari itu adalah hari yang sangat bersejarah terutama bagi kandidat yang menang.
Tak hanya para saksi yang tampak lega. Namun KPUD Sanggau juga merasakan hal yang sama. Setidak-tidaknya untuk tahap pertama tugas mereka sudah selesai. Tinggal menunggu penetapan dari KPUD Kalbar tanggal 27 November mendatang.
Dalam pleno kemarin, selain Ketua KPUD Sanggau Aloysius Sandang, BA, anggota KPUD lainya, Sisilia Sisil, SE, Kristianus, SH, Dedi Hambali dan H. Sunadi Ismail, Sm.Hk.
Sementara saksi dari empat cagub juga turut hadir Zainuri SH, saksi pasangan UJ-LHK, Bernadinus Dino, S.Sos saksi pasangan OSO-Lyong, Urbanus Didi saksi Akil-Mecer dan Lucas Subardi, SE saksi pasangan Cornelis-Cristiandy
Meski ada yang kalah dan menang. Suasana akrab tetap terpelihara jabatan tangan menandakan persahabatan terlihat di ruang pertemuan kantor Pengolahan Data dan Informasi yang digunakan sebagai tempat dilaksanakannya pleno rekapitulasi perhitungan suara selama tiga hari.
Memang dalam situasi tersebut, dibutuhkan kebesaran hati bagi para pendukung, baik yang menang maupun yang kalah.
Sudah semestinya yang menang merasa puas dan yang kalah harus menerima seluruh hasil yang telah ditetapkan dan ditandatangani bersama.

Partisipasi Pemilih Kecil
Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Sanggau masih sangat kurang dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang dilaksanakan 15 November silam.
“Kalau saya hitung sekitar 16,8 persen masyarakat yang telah terdaftar dalam DPT tidak menggunakan hak suaranya, dan ini sangat disayangkan,” jelas saksi pasangan UJ-LHK, Zainuri, SH, usai Pleno KPUD Sanggau, Kamis (22/11) kemarin.
Menurut Zainuri, minimnya partisipasi pemilih disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya data pemilih yang banyak terdapat kekeliruan. Ternasuklah orang yang sudah meninggal pun tetapi masih terdaftar dalam DPT.
“Ini adalah sebuah persoalan. Saya tidak mau menyalahkan kinerja KPUD. Tetapi lembaga-lembaga lainnya yang terlibat,” papar Zainuri.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger