Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 22 November 2007

Sintang Lumbung Suara Cornelis-Christiandy

*Mendominasi 13 Kecamatan


Endang Kusmiyati
Borneo Tribune, Sintang

Jumat (22/11) sekitar pukul 09.10 , kantor KPUD Sintang kembal didatangi warga. Kendaraan roda dua dan roda empat tampak penuh terparkir di halaman samping kantor pelaksana pilkada di kabupaten Sintang ini. Namun, kedatangan masyarakat kali ini juga bukan untuk melakukan aksi unjuk rasa atau ketidak puasan atas perolehan suara pasangan yang mereka dukung.

Hari itu, banyak mata yang ingin menyaksikan rapat pleno rekapitulais perhitungan suara pilkada di kabupaten Sintang. Hadir dalam kesempatan itu Bupati, Wakil bupati, Sekda, Kapolres, sejumlah muspida serta tokoh masyarakat Sintang. Hadir juga pendukung dari masing-masing pasangan kandidat. Petugas keamaan juga terlihat siaga di halaman ruang rapat pleno tersebut.
Bersadarkan data yang di himpun dari KPUD Sintang, bahwa dari 14 kecamatan di wilayah ini terdapat 899 TPS dan 241.571 pemilih yang tercantum dalam DPT.
Setelah melalui tahapan rangkaian acara, termasuk berbagai kritik dan saran terhadap penyelenggara pilkada dari para saksi pasangan, akhirnya ketua KPUD sintang Dra. H. Musjahadah dengan suara khasnya mengumumkan perolehan suara akhir pasangan kandidat pilkada 2007. Dari white board yang terpampang di deretan depan audiens rapat pleno, terpampang angka-angka perolehan suara dari 4 pasangan kandidat yang bertarung dalam pilkada 15 November lalu.
Pasangan Usman Ja’far-LH.Kadir yang diusung oleh partai besar hanya menempati nomor urut dua dalam hal perolehan suara. Calon Incumbent ini mendapatkan suara sebanyak 36.961 suara atau sekitar 15,3 persen dari pemilih di Sintang. Dari 14 PPK, pasangan harmoni hanya memenang suara di kecamatan Sintang yaitu sebanyak 12.890 suara. Sedangkan di kecamatan lain, suara pendukung UJ-LHK jauh tertinggal di bawah pasangan Cornelis-Sanjaya.
Pasangan OSO-Lyong dengan nomor urut 2 , justru harus puas pada posisi terakhir. Di kabupaten Sintang, pasangan ini hanya mendapatkan suara sebanyak 8832 suara atau sekitar 3,65 persen saja. Selanjutnya pasangan Akil-Mecer tetap sesuai dengan nomor urut yang sama dengan peringkat perolehan suaranya. Yaitu 23.449 suara atau sekitar 9,72 persen. Selanjutnya pasangan Cornelis-Sanjaya dengan nomor urut 4, justru menduduki peringkat pertama perolehan suara di Sintang. Pasangan yang diusung partai berlambang banteng moncong putih ini mendapatkan dukungan 51,11 persen dari seluruh pemilih yang ada di Sintang. Dengan perolehan suara sebanyak 123.487. Pasangan ini juga mendominasi perolehan suara di 13 kecamatan lainnya selain kecamatan Sintang.
Ketua KPUD sintang juga mengumumkan bahwa jumlah total pemilih yang menggunakan hak pilihnya dan dinyatakan sebagai surat suara yang dicoblos dengan sah pada pilkada 15 November lalu sebanyak 192.779
Angka ini bila dikalkulasikan secara matematis sama dengan 79,80 persen dari pemilih yang terdaftar dalam DPT. Sedangkan jumlah surat suara yang tidak sah sebanyak 2182 lembar, atau sama dengan 0.9 persen dari total pemilih yang ada di Sintang. Dari angka-angka ini juga dapat dihitung pula jumlah pemilih yang terdaftar namun tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 46.610 orang.
Ketua KPUD Sintang saat di mintai konfirmasi mengatakan bahwa memilih dan menggunakan hak pilih dalam pilkada merupakan hak setiap warga Negara. Sebagai pelaksana pilkada, ia mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi seoptimal mungkin.
“Memilih atau tidak menggunakan hak pilih itu kembali kepada person masing-masing. Kami sebagai pelaksana pilkada ini hanya bertugas mensosialisasikan. Karena memilih merupakan salah satu hak azasi warga,” katanya.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger