Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Rabu, 09 November 2011

Kalbar Jawara Investasi 2011


FOTO: Gubernur Cornelis memotong kayu dalam penyambutan secara adat Dayak ketika melakukan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu.
============
PONTIANAK--Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik bidang investasi (Regional Champions) 2011. Penghargaan tersebut akan diserahkan secara langsung pada hari Selasa (12/10) di Jakarta.

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Kalbar, Drs Yoseph Alexander, M.Si menjelaskan bahwa perghargaan tersebut merupakan upaya dari BKPM RI dalam rangka memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi yang telah melakukan berbagai upaya mempersiapkan daerahnya sebagai daerah tujuan investasi.
Yoseph yang mantan Wakil Bupati Kapuas Hulu ini memaparkan sebelum mendapatkan penghargaan tersebut BPMD mendapatkan kuisioner dari BKPM RI untuk diisi, dalam kuisioner tersebut ada 10 indikator, yakni Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, sarana dan prsaranan, infrastruktur, kebijakan dan kelembagaan pelayanan penananam modal daerah, stabilitas politik dan keamanan daerah, sosial budaya, promosi investasi daerah, kinerja investasi, visi dan misi kepala daerah terkait investasi dan dokumen perencanaan bidang investasi.
“Setelah diisi dikirim kembali, kemudian tim melakukan verifikasi di lapangan untuk mengetahui kebenaran data dan informasi yang telah disampaikan oleh provinsi. “Dari hasil pengisian kuisioner, 10 gubernur diundang untuk menyampaikan presentasi terhadap peluang investasi yang ada di masing-masing daerahnya,” jelasnya dalam jumpa pers, Senin (11/10) kemarin di BPMD Kalbar.
10 gubernur yang masuk “beauty contest” adalah Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Sulewesi Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Aceh, Bali, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Kalimantan Tengah. Indikator yang menjadi penilaian antara lain, perekonomian daerah, Sumber Daya Manusia, Kebijakan jangka menengah, potensi investasi, dukungan infrastruktur, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan implementasi Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE). “Dari sekian banyak misi RPJM ada 6 yang menyangkut pengembangan investasi, yakni secara kumulatif investasi Kalbar meningkat dan masuk 3 besar seluruh Indonesia,” paparnya.
Dengan pengharagaan tersebut ke depannya Kalbar merupakan peluang untuk berinvestasi, dan BKPM RI akan memprioritaskan Kalbar menjadi tempat tujuan investasi. “Kita harus konsekuen dan harus menyiapakan segala sesuatunya, antara lain, Perda Penanaman Modal tahun 2011 yang sudah disahkan untuk mempermudah investor datang,” pungkasnya.
Sehari sebelumnya Gubernur Kalbar Drs Cornelis, MH mengakui bahwa Kalbar mendapatkan penghargaan investasi terbaik Indonesia. Diakui bahwa tahun 2008 rencana investasi Rp 43 triliun yang masuk 5T. Hingga tahun 2011 rencana investasi Rp 53T terealisasi 9T.(Team CC)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger