Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 20 Mei 2011

PKK Garap Desa Model, Kalimas Jadi Percontohan


PONTIANAK--Selain Desa Siaga yang lekat di telinga kita, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar kini memiliki gagasan baru untuk memberdayakan masyarakat dengan membentuk desa model. Tidak tanggung-tanggung desa model ini akan dikembangkan di tiap kabupaten/ kota di Kalbar.

Desa model adalah desa dimana di dalamnya terdapat kebun percontohan yang kegiatan diprakarsai oleh tim pengerak PKK dengan mengusahakan pertanian hortikultura yang meliputi beberapa jenis tanaman sesuai daerah masing-masing seperti tomat, pare, jagung, cabai, melon dan sebagainya.
"Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan terlibat dan dikerjakan bersama-sama," kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Frederika Cornelis di sela-sela kunjungannya ke lokasi percontohan tanaman hortikultura di Desa Kalimas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (14/3).
Ditambahkannya, PKK selama ini telah mempunyai sejumlah program kerja yang masing-masing mencakup bidang tertentu yang biasa disebut dengan kelompok kerja (pokja) seperti Pokja II yang membidangi pendidikan, Pokja III pertanian dan ketahanan pangan, serta Pokja IV bidang kesehatan.
"Setiap Pokja akan berkaitan dan berkoordinasi dengan masing-masing SKPD sesuai bidangnya dalam menggarap desa model tersebut," imbuhnya.
Sebagai tindaklajut program desa model tersebut, Frederika menjelaskan saat ini tengah disiapkan lahan dengan luas sekitar dua hektar di Desa Kalimas, Kecamatan Sungai Kakap. Dan lahan tersebut kini ditanami tanaman hortikultura seperti pare, cabai, tomat, melon dan jagung.
Lahan percontohan tersebut akan diperkenalkan ke tim penggerak lain dari kabupaten dan kota se-Kalbar yang nantinya akan dikembangkan di daerahnya masing-masing
"Kalau ada pelatihan di Pontianak, akan kita bawa ke lokasi percontohan ini," katanya.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Hazairin mengatakan, tanaman yang dikembangkan yang sifatnya komersial dan saat ini program dari Tim Penggerak PKK juga sejalan dengan program di dinasnya.
”Nanti bisa diaplikasikan untuk lahan yang lebih sempit misalnya pekarangan rumah," kata Hazairin.
Sumber : BT

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger