Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 20 Mei 2011

Kembalikan Kejayaan Balap Sepeda Kalbar


MEMPAWAH--Mengembalikan kejayaan dan masa emas balap sepeda Kalbar, Pengprov PB ISSI Kalbar, Sabtu (30/4), menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) balap sepeda yang bertajuk “Kabupaten Landak-Bank Kalbar Bike Race 2011”.

Peserta lomba langsung dilepas Gubernur Kalbar, Cornelis di depan Kantor Bank Kalbar Sungai Pinyuh. Para pembalap bakal menempuh jarak 135 Km, dengan finish di depan kantor Bank Kalbar Ngabang, Kabupaten Landak.
Hadir pada saat pelepasan, Ketua Umum PB ISSI, Phany Tanjung, Ketua PB ISSI Kalbar, Karolin Margret Natasa, Wakapolda Kalbar, Safarudin, Wakil Bupati Pontianak, Rubijanto, Wakil Wali Kota Pontianak, Paryadi, Direktur Utama PT Bank Kalbar, Sudirman, Dandim Mempawah, Parlindungan Sirait serta tamu undangan lainnya.
Karol yang juga Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan itu, mengatakan dilaksanakannya kejurnas balap sepeda ini, diharapkan mampu membangkitkan semangat untuk mengembalikan kejayaan olahraga balap sepeda Kalbar, yang dulu pernah berjaya di tingkat nasional maupun internasional mewakili Indonesia.
“Kita ingin, balap sepeda Kalbar kembali dimasa jayanya dulu. Walaupun semuanya harus dilakukan pembinaan secara bertahap. Karena regenerasi balap sepeda Kalbar sempat terputus, maka kita pengurus PB ISSI, terus melakukan pembinaan para pembalap muda. Seperti melakukan pembinaan atlet muda Kalbar di pusat pendidikan dan latihan olahraga (PPLP),” kata Karol.
Sementara itu Direktur Utama PT Bank Kalbar, Sudirman, mengatakan Bank Kalbar sebagai pihak pendukung pelaksanaan kejuaraan, merupakan suatu bentuk komitmen Bank Kalbar untuk memajukan cabang olahraga balap sepeda di Kalbar.
“Bank Kalbar memiliki komitmen untuk menjadikan balap sepeda sebagai cabor yang beprestasi dan disegani di kancah nasional maupun internasional. Maka kita selalu siap memberikan dukungan setiap kejuaraan balap sepeda,” katanya.
Gubernur Cornelis, sangat mengharapkan balap sepeda Kalbar bisa berjaya lagi, baik di tingkat nasional maupun internasioanl. Seperti di era Kalimanto Tulus Widodo, Maruki Madsum, Suwandra dan Van Art bersaudara, yang kerap mengharumkan nama Kalbar dan Indonesia.
“Bersepeda ini, olahraga yang murah. Serta ramah lingkungan, untuk itu saya mengajak masyarakat untuk memasyarakatkan besepeda. Dan bagi para pembalap, saya minta bertandinglah secara profesional dan tetap menjunjung tinggi sportifitas dan taatilah peraturan lalu lintas,” pesannya.
Selain itu, Ketua Umum PB ISSI, Phany Tanjung mengharapkan event-event kejuraan balap sepeda di tingkat daerah bisa ditingkat dan terus berlanjut secara kontiyu, sehingga bisa memicu para atlet-atlet balap sepeda junior untuk terus mengembangkan kemampuannya.
“Saya menyambut baik, dilaksankannya kejurnas balap sepeda ini. Diharpkan kejuraan seperti ini, terus berlanjut, sehingga bisa muncul atlet-atlet muda yang berbakat,” katanya.
Nomor-nomor yang diperlombakan selain individu bike race, Ketua Komisi Perwasitan PB ISSI Kalbar, Erwin Anwar, mengatakan juga dilombakan nomor criterium race yang start dan finish di Bank Kalbar Ngabang, Kabupaten Landak, dengan nomor yang dilombakan IRR race open putra, criterium road open putra/putri, criterium MTB open putra, criterium MTB master open (40 th+) dan criterium MTB lokal putra, dengan memperebutkan total hadiah Rp 55,2 juta.
“Total pembalap yang terdaftar 127 pembalap. Untuk nomor individu bike race, menempuh rute sepajang 135 Km, diikuti 56 pembalap,” katanya.
Sumber : BT

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger