Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 14 Mei 2010

Entikong Perlu Embarkasi


PONTIANAK--Kapolda Kalbar, Brigjen Pol. Erwin TPL Tobing meminta agar perbatasan Entikong yang menghubungkan Indonesia-Malaysia supaya dibuat embarkasi bongkar muat barang, sehingga memudahkan pemeriksaan petugas Bea dan Cukai.

“Embarkasi ini untuk mengantisipasi penyeludupan barang, narkoba, senjata maupun barang terlarang lainnya ke wilayah Kalbar melalui PPLB Entikong,” terang Erwin di Mapolda Kalbar, Senin (3/4).
Kata Erwin, jika embarkasi dibangun, kendaraan yang mengangkut barang dari Malaysia tidak bisa masuk Indonesia, karena barang komoditi sudah dibongkar di embarkasi.
Selain membangun embarkasi, Kapolda juga meminta fasilitas di perbatasan untuk dilengkapi, seperti pendeteksi sinar gama untuk mengetahu barang-barang seludupan di tempat-tempat tersembunyi pada kendaraan.

Bangun Pelabuhan Darat
Sementara di tempat terpisah, Selasa (4/5) Gubernur Cornelis, mengatakan agar kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia untuk tidak menunggu pemerintah pusat dalam membangun masyarakat perbatasan. Namun, diharapkan supaya membangun sesuai dengan kapasitas, karena kalau menunggu waktunya tidak akan bisa secepat yang diharapkan.
Wacana tersebut juga menurut Gubernur selalu disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). “Membangun masyarakat perbatasan jangan menunggu (Pemerintah Pusat) karena banyak cara, untuk menyampaikan pesan pembangunan bisa melalui tokoh agama,” terang Cornelis.
Selain itu, kata Cornelis, galakan organisasi keagamaan, karena jika iman masyarakat kuat maka tidak mungkin melakukan hal-hal yang melanggar Undang-Undang.
Terkait pembangunan embarkasi, Gubernur sudah mengusulkan ke Pemerintah Pusat, namun dicabut Menteri Perdagangan. Untuk membangun otorita, belum dipikirkan. Tapi Pemprov akan membangun lagi pelabuhan darat di perbatasan. ”Sekarang ijinnya sedang diurus di departemen perhubungan,” pungkas Cornelis.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger