Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Senin, 15 Maret 2010

DIPA Kalbar 2010 Turun 7,10 Persen


Pontianak--Gubernur Kalbar, Cornelis mengatakan untuk pelaksanaan pembangunan di Kalbar masih tetap bergantung pada ketersedian anggaran yang dialokasikan dalam daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) pada setiap tahun anggaran, disamping sumber-sumber lain yang sah. Untuk tahun 2009, alokasi pembiayaan pembangunan melalui APBN, yang disalurkan melalui DIPA Dekonsentrasi dan tugas pembantuan berjumlah Rp. 4.590.796.581.000, sedangkan untuk tahun anggaran 2010 berjumlah Rp. 4.264.673.374.000.

”Bila dilihat dari angkanya, maka terjadi penurunan sebesar Rp.326.123.307.00 atau 7,10 persen,” ungkap Cornelis, Minggu (7/3) pada malam ramah tamah bersama Komisi III DPR RI yang melakukan kunjungan kerja ke Kalbar di Balai Petitih, Kantor Gubernur.
Walau demikian, kata Cornelis dalam tahun anggaran berjalan, sering terjadi perubahan dan penambahan DIPA yang diluncurkan oleh Kementerian dan Kelembagaan pusat tanpa pemneritahuan terlebih dahulu kepada Gubernur.
”Ini akan menyulitkan Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah untuk memonitoring, mengevaluasi dan pengendalian pelaksanaan program atau kegiatan yang memiliki dampak bagi masyarakat di daerah,” katanya.
Sementara, dalam penentuan skala prioritas kebutuhan daerah, program dan kegiatan, cenderung ditetapkan oleh Kementerian atau lembaga di tingkat pusat, yang pelaksanaannya, perlu menyesuaikan dengan kondisi lokal.
Selain itu, mantan Bupati Landak juga menyatakan usulan program atau kegiatan dari daerah seringkali tidak terakomodir dalam realisasi DIPA setiap tahunnya, program kegiatan luncuran pada tahun anggaran berjalan, tidak disampaikan secara lengkap kepada Gubernur.
”Dalam penentuan skala prioritas hendaknya memperhatikan usulan pemerintah daerah yang disampaikan melalui Musrenbang nasional pada setiap tahunnya,” katanya lagi.(borneotribune.com)

1 komentar:

ricky mengatakan...

Salut Pak Cornelis..Mudah2an bapak masih ingat saya..Saya adalah karyawan BankExim yang pernah bekerjasama dengan bapak dalam menyelesaikan tanah Rokan Group, sehingga aset BankExim dapat diselamatkan..Kalau ada waktu saya ingin bertemu dengan Bapak..
Regards
Sutan Ricky - Jakarta

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger