Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Sabtu, 06 Februari 2010

Orang Kalbar Cocok Pimpin BNPP

Pontianak--Pembentukan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mendapatkan sambutan baik. Badan khusus yang akan fokus mengelola perbatasan itu dalam waktu dekat akan segera dibentuk. Peraturan Presiden atas pembentukan akan ditandatangani Presiden SBY pekan depan.
Ketua Komisi A DPRD Kalbar, Retno Pramudya meyambut baik adanya pembentukan badan pengelola perbatasan ini. Bahkan dia mengusulkan agar kepala BNPP nantinya berasal dari Kalbar sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia.

“Harusnya yang pimpin orang yang tahu persis tentang kondisi perbatasan dan punya komitmen membangun perbatasan. Saya rasa orang Kalbar memenuhi kriteria itu, karena daerah kita ini berbatasan langsung dengan Negara tetangga,” kata Retno ditemui di Gedung DPRD Kalbar, Kamis (7/1).
Retno pun tak segan-segan menyebut sejumlah figur yang dianggap layak memimpin BNPP, diantaranya Usman Ja’far, Akil Mochtar, Usman Sapta Odang, Zainuddin Isman dan masih banyak figur lain. Orang-orang inilah menurut dia dapat direkomendasikan untuk menempati posisi sebagai kepala BNPP setara Menteri tersebut.
“Saya rasa mereka punya kapasitas untuk dapat memimpin badan pengelola perbatasan,” uajrnya.
Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan secepat mungkin setelah terbentuk BNPP harus melakukan action. Adapun yang harus segera dilakukan yakni memastikan penentuan titik batas Negara, menempatkan unit pelaksana teknisnya di sekitar titik perbatasan guna mempermudah melakukan kerja-kerja pengelolaan.
Selain itu dia mengatakan fasilitas di sepanjang perbatasan harus dilengkapi. Infrastruktur terkait seperti jalan pararel perbatasan secepatnya harus direalisasikan. “Tentunya dukungan pendanaan perlu diperkuat,” tukasnya.
Di tempat terpisah, Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya juga menyambut baik degan adanya BNPP.
”Dengan begitu koordinasinya akan semakin baik. Semuanya akan terkoordinasi,” kata Christiandy.
Sebelumnya di Kalbar telah membentuk Badan Pengelola Kawasan Perbatasan dan Kerjasama. Badan ini kini dipimpin oleh Plt kepala Badan, Ngatman. Dengan adanya pembentukan BNPP, Christiandy mengatakan akan mempermudah koordinasi yang dilakukan.
Sedangkan untuk orang yang akan mengisi jabatan sebagai kepala BNPP dia menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat. Hanya saja diingatkannya agar nantinya orang yang berada di Badan tersbeut merupakan orang yang mengerti betul mengenai perbatasan.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger