Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Senin, 26 Oktober 2009

Pramuka Bentuk Karakter Generasi Muda

Rizky Wahyuni
Borneo Tribune, Pontianak

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar mengatakan peran gerakan pramuka dalam mendidik dan membentuk karakter generasi muda sangat besar.
“Melihat kondisi sekarang peran gerakan pramuka sangat diperlukan. Karena karakter pemuda kita saat ini mulai berubah, solidaritas social mulai berkurang. Tidak ada pilihan lain selain dengan kembali menguatkan gerakan pramuka,” kata Azrul saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalimantan Barat masa bakti 2009-2014 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (18/6).

Peran Pramuka dapat membentuk karakter generasi muda tersebut menurut Azrul karena dalam pramuka mengajarkan tentang watak, kepribadi dan akhlak tertuang dalam tri satya dan dasa darma parmuka. Selain itu juga mengajarkan kecakapan hidup kepada anggotanya.
“Dengan adanya watak yang baik dan lifeskill dari setiap generasi muda, kita harapkan dapat membentuk pemimpin yang baik untuk masa akan datang,” tambahnya.
Pelantikan Mabida diikuti oleh ketua Mabida Kalbar, yang langsung diketuai Gubernur Kalbar, Cornelis. Serta jajaran pengurus Mabida Kalbar periode 2009-2014 dijabat hampir seluruh kepala dinas dan isntansi pemerintah provinsi Kalbar. Serta dihadiri oleh rombongan dari Persekutuan Pengakap (Pandu Malaysia) Malaysia Negeri Malaka .
Azrul menyambut baik banyaknya pengurus Mabida berasal dari isntansi pemerintah. Menurutnya Pramuka sendiri merupakan wakil pemerintah yang membidangi kepemudaan. Sehingga sangat tepat jika dibina dari institusi pemerintahan. Apalagi dinas dan isntansi etrkait dapat mengalokasikan anggarannya untuk pembinaan generasi muda, yang dapat dikelola gerakan Pramuka.
“Dengan begitu maka effeknya memberdayakan generasi muda kita akan besar,” ujarnya.
Ketua Mabida Gerakan Pramuka Kalbar, Cornelis menyambut baik dibentuknya Mabida ini.
“Secepatnya akan kita bentuk di masing-masing Kabupaten dan Kota. Karena Pramuka ini sangat baik membentuk karakter generasi muda kita untuk menjadi pemimpin bangsa,” kata Cornelis.
Dalam kesempatan pelantikan tersebut, Cornelis sebagai ketua Mabida Pramuka Kalbar menerima Bintang Anugrah Gemilang Presiden dari Persekutuan Pengakap Malaysia Negeri Malaka. Dan Sekretaris Kwarda Kalbar, Suriyadi menerima bintang Karana Jasa dan Khidmat Bakti dari Persekutuan Pengakap Malaysia Negeri Malaka.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger