Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 29 Agustus 2008

Champion From Jungle ke Las Vegas


Hari-hari Daud “Cino” Jordan mengahabiskan waktu di sasana selama tiga bulan terakhir akan segera berakhir. Tengah bulan depan Juara Tinju WBO Asia Pasifik Indonesia ini akan berduel menghadapi juara WBO wilayah Amerika Utara, Jose Antonio Meza dari Meksiko di Las Vegas.

Kepastian akan naik ringnya sang juara adu jotos Kalbar ini dipastikan saat ia menghadap wakil gubernur. Jumat, (29/8) pagi, didampingi Pdt. Iwan Luwuk dan Damianus Jordan, kakak sekaligus pelatihnya, Cino mohon dukungan Pemprov untuk mengiringi langkahnya menuju pentas dunia.
Kepada Wagub Christiandy, Cino dan rombongannya mengaku langkahnya menuju ring tinju yang menjadi kiblat tinju profesional dunia ini tak lepas dari prestasi yang telah ditorehkan si Raja KO ini. Cino yang telah beralih ke jalur profesional beberapa tahun terakhir terpantau para pencari bakat dari Amerika Serikat. Golden Boy Enterprise, EO yang dikelola oleh mantan juara dunia Oscar de La Hoya melihat Cino sebagai sosok yang layak dijual kepada publik tinju Amerika yang senang menyaksikan duel yang menghibur (entertainment).
“Rencananya tanggal 13 nanti pertandingan melawan Jose Antonio Meza akan digelar di Las Vegas. Belum ada petinju kita yang pernah tampil di sana. Kita sudah pelajari rekaman bertanding calon lawan kita,” terang Damianus Jordan kepada Wagub.
Gengsi pertarungan ini sendiri menurut Damianus cukup tinggi. Menurut pelatih Daud yang lebih dulu merasakan prestasi tinggi olahraga tinju ini, untuk petinju seukuran Chris John yang juga juara duniapun belum pernah merasakan atmosfer pertandingan tinju yang diidam-idamkan banyak petinju dunia itu.
“Saya kira ini kebanggaan tersendiri bagi Kalbar. Prestasi yang ditorehkan oleh Daud tentu akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih berprestasi. Kita pasti akan membantu dan mendukungnya,” ujar Wagub mengomentari prestasi Daud Jordan.
Menurut Wagub, Kalbar memiliki kebanggaan tersendiri atas prestasi yang diukir para atletnya. Selain tunju yang telah menembus prestasi internasional, ada cabang anggar dan angkat besi yang juga kerap membuat prestasi.
“Dengan berangkatnya Daud Jordan ke Las Vegas tentu akan menjadi kebanggaan baru Kalbar. Dan yang pasti nanti akan menjadi ikon baru Kalbar di pentas internasional,” Kepada Daud dan timnya, Wagub berpesan agar bisa membawa citra positif tentang Kalbar di Amerika nantinya. Wagub juga berharap Daud bisa sukses menjalani pertarungan menuju mandatory fight ini. Wagub juga sempat bergurau.
“Wah hebat juga ini Daud nantinya. Mana tahu nantinya bisa teken kontrak dengan Coca Cola, bisa lewat itu nanti segala Gubernur,” ujar mantan kepala sekolah ini.
Daud Jordan mengaku berterima kasih kepada Wagub yang telah mengakomodir dan siap membantu perjuangannya merebut mahkota tinju dunia itu. Upaya yang dilakukan Daud memang tidak mudah. Menurut Iwan Luwuk, rohaniwan yang juga hobi olahraga Daud sempat down, karena selama tiga bulan lebih ia hanya bertarung sendiri tanpa support dari pihak lain.
“Pak saya sudah bosan nih latihan terus,” ujar Iwan mengingat keputusasaan Daud. Tetapi sebagai penggemar tinju yang tahu persis kapasitas Daud, Iwan membesarkan hatinya. Pertemuan dengan Wagub sendiri tidak lepas dari campur tangan pendeta di Gereja Pantekosta, Jalan Gajah Mada ini.
Damianus, sang pelatih yang juga kakak kandung Cino mengaku butuh waktu yang panjang untuk mencetak seorang juara tinju. Sebagai abang tertua dari enam bersaudara yang semuanya lelaki, Damianus yang mendapat jatah sebagai PNS karena rekomendasi langsung Presiden Habibie atas prestasinya ini dengan keras menggembleng adik-adiknya. Kini dua adiknya sudah punya kekuatan, selain Daud seorang adiknya lagi juara dikenal sebagai petinju amatir berprestasi yang kini bergabung di Kesatuan Brimob Polda Kalbar.
Seandainya nanti Daud benar-benar berhasil mewujudkan rencananya menjadi kampiun dunia, Pemprov menurut Wagub siap membantu gelaran pertandingan choice Daud Jordan di Kalbar.
Sebelum berpisah, Daud dan timnya sempat berpose bersama Wagub Christiandy Sanjaya. Raut bahagia terpancar dari wajah sang juara dari rimba ini.□
========
INTERNASIONAL
Daud “Cino” Jordan yang dipromosikan sebagai Champion From Jungle oleh publik di Amerika berpose bersama Wagub Kalbar, Drs. Christiandy Sanjaya di Kantor Gubernur. Cino didampingi pelatih dan ofisialnya, Daud akan menjadi petinju Indonesia pertama yang merasakan atmosfer tinju kelas dunia. Ia berjanji berjuang habis-habisan di ring tinju untuk mengangkat dan mempromosikan citra Kalbar di pentas internasional. FOTO Budi Rahman/Borneo Tribune, Pontianak.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger