Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 22 Januari 2008

Cornelis: Mari Bergandeng Tangan Bagun Kalbar


*Natal Bersama PNS, TNI/Polri dan Masyarakat

Perayaan Natal bersama (Oikumene) PNS, TNI/Polri dan masyarakat Kristiani se-Kalimantan Barat yang berlangsung, Sabtu (19/1) malam di Gedung Olahraga (GOR) Pangsuma Pontianak.

Perayaan Natal ini dihadiri oleh sekitar 8000 umat Kristiani dari berbagai geraja di Pontianak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Natal selalu dimeriahkan oleh artis ibu kota. Kali ini artis yang hadir adalah Utha Likumahuwa dan Tri Utami serta diiringi dengan tarian-tarian Dayak, Jawa, dan Cina. Musik yang mengiringi peryaan tersebut adalah Band Mudika Keuskupan Agung Pontianak.
Perayaan Natal tersebut dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Cornelis dan Christiandy Sanjaya, Walikota Pontianak, Buchary A Rahman, Kakanwil Depag Kalbar, Rahmi Sattar, Muspida Provinsi Kalbar, TNI, Polri, PNS, Uskup Agung Pontianak, Mgr. Hieronymus Bumbun, OFMCap, Uskup Sintang, Mgr. Agustinus Agus, Pr, Ketua PGI Wilayah Kalbar, Ketua PGPI Kalbar, Ketua PGLLI Kalbar, para Pendeta, suster, bruder, beserta masyarakat Kristiani Kalbar.
Sebelum prosesi perayaan dimulai terlebih dahulu dilakukan penyalaan lilin. Penyalaan lilin-lilin Natal dilakukan Gubernur, Uskup Agung Pontianak, Ketua PGI Wilayah Kalbar, Ketua PGPI Kalbar, dan Ketua PGLLI Kalbar.
Dalam pesan natalnya, Pdt. Samuel Fu, mengajak masyarakat Kalbar untuk mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan. Dan itu harus diwujudkan dalam ketulusan dan kesucian hati yang murni.
‘’Natal akan menyelamatkan jiwa-jiwa mereka yang tersesat, putus asa, untuk dapat bangkit dalam kasih Tuhan, penuh kedamaian. Tuhan sangat membenci permusuhan, akan tetapi Tuhan akan sangat mencintai kedamaian. Begitu pula untuk membangun Kalbar khususnya, mesti dilandasi semangat kebersamaan dan cinta kasih, saling bergandeng tangan, bahu membahu mengatasi persoalan,’’ pesan Samuel.
Sementara itu, Walikota Pontianak, Buchary A. Rahman atas nama pemerintah kota menyampaikan ucapan selamat hari raya Natal kepada seluruh umat kristianai yang ada di Kota Pontianak khususnya dan Kalbar umumnya.
Buchary yang merayakan ulang tahunnya ke-62 dalam sambutannya mengajak masyarakat Kalbar hidup dalam persaudaraan dangan saling menghargai, hidup rukun damai dalam persaudaraan. Selain itu ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Drs. Cornelis, MH dan Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM yang baru saja dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Kalbar, semoga dengan kepemimpinannya, dapat menggiring Kalbar kearah yang lebih baik maju dalam pembangunan.
Lebih lanjut ia mengatakan bagi umat Islam yang baru saja merayakan tahun baru Hidriyah agar dapat meningkatkan dan bertindak dari hal-hal yang belum sempurna supaya sempurna dan dari yang belum baik menjadi lebih baik.
Sementara Gubernur Kalbar, Cornelis, sebelum memberikan kata sambutannya, mengajak umat yang hadir dalam perayaan untuk bangkit berdiri menyanyikan lagu “Dalam Yesus Kita Bersaudara”.
Dalam sambutannya, Cornelis, mengatakan makna Natal untuk PNS, TNI (Darat, Laut dan Udara serta Polri dan masyarakat adalah dimana Tuhan Yesus datang ke dunia untuk menebus dosa manusia.
Lebih dari itu, makna Natal merupakan perwujudan rasa solidaritas untuk mendapatkan kasih Tuhan. “Bersama Natal akan timbul semangat kedamaian dan persaudaraan untuk seluruh lapisan umat,” ungkapnya.
Mengakhiri sambutannya ia mengajak masyarakat Kalbar bergandeng tangan menciptakan persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan pembangunan Kalbar, sebab menurutnya jika tidak ada persatuan dan kesatuan tidak bisa berbuat apa-apa. Selain itu ia juga mau mengajak seluruh masyarakat untuk mengoreksi kebijakan, mengoreksi peristiwa pada masa lalu.
Ketua Panitia Pelaksana Natal Oikumene, Drs. Andreas Muhrotien, M.Si mengatakan tema perayaan Natal Oikumene untuk tahun 2007 ini mengambil tema ‘’Hiduplah dengan Bijaksana, Adil dan Beribadah” dan sub tema “Bijak Bertindak, Adil Bersikap dalam Membangun Masyarakat Kalimantan Barat”.
Pada kesempatan itu, Andreas atas nama panitia Natal Oikumene 2007 mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya acara Natal bersama yang penuh cinta kasih.
“Kepada aparat keamanan khususnya Poltabes Pontiaanak, yang telah bersusah payah mengamankan acara ini sampai selesai, kami menghaturkan ribuan terima kasih. Tanpa dibantu aparat dan seluruh pihak, tidak mungkin acara ini berjalan lancar sesuai rencana. Kemudian juga kepada Gubernur Kalbar yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan pemerintahan dengan baik dan dicintai masyarakat,’’ ucapnya.
“Saya juga mau mengucapkan selamat kepada bapak Walikota Pontianak, Buchary A Rahman yang pada hari ini merayakan ulang tahunnya ke-62, semoga panjang umur dan selalu mendapat berkat yang melimpah,” katanya mengakhiri sambutannya.□Hartono/Borneo Tribune

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger