Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Sabtu, 10 November 2007

Kharisma Cornelis “Goyang” Landak

Massa Rela Jalan Kaki 2 KM

Oleh: Arthurio Oktavianus
Putaran terakhir kampanye pasangan Drs. Cornelis, MH dan Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM, di Zona III, Kabupaten Landak pada Sabtu (10/11) yang bertempat di lapangan Berdan Nadi Ngabang dipadati sekitar 100 ribu pendukung fanatiknya.
Para pendukung calon Guberur dan Wakil Gubernur periode 2008-2013 dan bernomor urut 4 ini berdatangan dari seluruh pelosok wilayah Landak. Pukul 12.30, dengan teratur simpatisan tersebut terlihat memarkir kendaraan yang mereka tumpamgi di pal 2.
Dengan berjalan kaki, mereka menuju ke lokasi kampanye yang berjarak sekitar 2 kilometer. Atribut yang mereka kenakan, antara lain baju dan ikat kepala yang bergambar pasangan calon yang mereka usung. Tampak pula berjalan diantara kerumunan massa adalah anggota DPR RI, Agustinus Clarus. Dan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).
Tepat pukul 13.13, kampanye diawali dengan lagu Indonesia Raya. Kampanye yang bertepatan dengan hari Pahlawan ini, mengguncang kota intan dengan lautan massa yang ‘memerah’. Tak hanya lapangan, tampak pula simpatisan berjubel pada bangunan yang sedang dibangun dan teras loteng rumah di sampingnya, yang berada di seberang jalan.
Tampil sebagai juru kampanye pertama adalah Ketua DPC PDI-P Landak, Minsen, SH, MH. Dalam orasi politiknya, Minsen menyatakan dukungannya kepada pasangan Cornelis-Sanjaya karena kepemimpinan yang sudah ditujukkan Cornelis selama ini bukan hanya isapan jempol belaka. “Cornelis membuktikan kepemimpinannya dalam hal pembangunan di Landak ini,” serunya. Terlebih latar belakang Cornelis dalam hal pemerintahan sehingga ia tahu cara untuk memimpin rakyatnya.
Minsen juga mengatakan bahwa secara fisik dan mental pada sosok Cornelis sendiri sudah diakui dengan verifikasi yang sudah dijalaninya. Karenanya, lanjut Minsen, kualifikasi kepemimpinan Cornelis tidak perlu diragukan lagi.
Suasana kampaye semakin bergemuruh ketika Trio Macan tampil setelah orasi politik tersebut. Dengan alunan lagu ‘Kucing Garong’, Trio Macan mengajak simpatisan untuk berjingkrak. ‘Korban’ tarian Trio Macan tak hanya manusia. Tiang besi penyanggah panggung sisi kiri dan kanan juga mereka naiki. Seraya menari dan berjoged, mereka juga sangat komunikatif dengan para simpatisan yang hadir.
Siraman air dari petugas yang berada pada sebuah truk di antara kerumunan massa memberikan kesegaran di tengah panasnya cuaca.
Tokoh yang dinanti-nantikan para pendukungnya pun tampil membawakan orasi setelah Trio Macan tampil. Cornelis tampil dengan penuh kharisma di depan publiknya. “Saya siap memimpin Kalimantan Barat,” ujarnya. Di bawah payung PDI-P, Cornelis mengatakan bahwa mengenai politik, pemerintahan dan keamanan akan ia bawa masyarakat ke dalam pembangunan.
Cornelis juga mengajak simpatisannya untuk besama berjuang. “Kita bersama berjuang bersama kaum proletar, kaum tertindas, dan wong cilik,” ujarnya. Bahkan tanpa membeda-bedakan suku, agama, dan bahasa yang ada. Cornelis bertekad menjalankan program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), di mana bagian dari pembangunan adalah SDM.
Pembangunan dalam hal ekonomi kerakyatan juga menjadi program Cornelis. Hal ini dijalankan dengan adanya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah. Orasi Cornelis sempat terhenti sebentar karena ada seorang simpatisan yang pingsan dalam kerumunan massa. Simpatisan tersebut segera mendapatkan pertolongan dari tim medis yang selalu mengikuti kampanye Cornelis.
Tampil pula sang wakil, Christiandy Sanjaya, wakil ketua DPD PDIP, Agustinus Sukiman, SH, putri sulung Cornelis, Karolin Margret Natasa, Krisantus Kurniawan, Ketua DPC PDIP Sanggau, Sujiwo SE Ketua DPC PDIP Kabupaten Pontianak, dan Sekjen KBPPP. Selain itu ada pula puisi dari Moses Are, dan lagu ciptaan Yanto Titi Uma berjudul ‘Seteant Ati’.
Hiburan dari ratu ngebor, Inul Daratista. Juga mengajak simpatisan yang hadir semakin bersemangat. Lengkap dengan goyang patah-patah dari Anissa Bahar.
Tampak hadir ibu JC. Oevaang Oeray diantara tamu undangan, guna memberikan dukungannya kepada calon Gubernur yang berasal dari Landak ini. Masih ada sederetan tim kampanye diantaranya, Makarius Sintong, SH, MH, Drs. Cornelius Kimha, M.Si, William Amat, BA dan Drs. SM Kaphat.Sebagai penutup kampanye terbuka bagi seluruh kandidat ini Cornelis berhasil ‘menggoyang’ Landak dengan kharisma kepemimpinannya. Lengkap dengan goyangan spektakuler dari Trio Macan, Inul Daratista dan Anissa Bahar. □

3 komentar:

Karya nistains-odop mengatakan...

Saatnya dukungan penuh masyarakat untuk calon yang satu ini. Sosok Cornelis MH sangat tepat untuk memimpin Kalbar. Saya mendukung Anda sepenuhnya. Salam Perjuangan!!! Berubah atau Mati!

Darwis mengatakan...

Saya rindu sosok pemimpin yang benar-benar memperjuangkan nasib rayak kecil terutama dan harus utama adalah sukunya sendiri. Kami mendukung pak !! Salam hangat untuk masyarakat kalbar maupun pembaca blg ini, satu kata saja " Hidup No 4 "

herman mengatakan...

sosok seorang pemimpin sangat tepat untuk Bp. cornelis yang akan menjadi pemimpin kalbar kedepannya. setelah Bp. oevang Oeray memimpin kalbar, kini muncul sosok baru pemimpin dayak yaitu Bp. cornelis, maka dari itu kita sebagai masyarakat dayak harus mendukung pemimpin dari kalangan masyarakat dayak, karena selama ini kita dijajah oleh ketidak adilan.tetap semangat!!! karena di pundak Bapak tumpuan dan harapan kami masyarakat dayak. salam dari mahasiswa landak di jogya.

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger