Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 23 November 2007

Jangan Terpancing SMS Tak Bertanggungjawab

Arthurio Oktavianus
Borneo Tribune, Ngabang

Meskipun tahap pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2008-2013 telah terlewati, namun isu-isu yang menyebar melalui Short Message Service (SMS) melalui layar handphone masih tetap bergentayangan.

Isi SMS yang mengarah pada provokasi massa dengan menyudutkan pihak tertentu, merupakan tindakan yang tidak bertanggungjawab. Terlebih, mendekati masa penentuan hasil pemilihan yang akan di ‘ketok palu’ oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi pada 29 November nanti.
Menanggapi hal tersebut, AKBP Drs. Subnedih, SH, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Landak, yang diwawancarai di ruang kerjanya pada Jumat (23/11). Mengatakan agar masyarakat Landak jangan terpancing dengan beredarnya SMS tersebut.
Menurut Subnedih, dirinya pun kerap kali menerima SMS yang berisikan kalimat-kalimat yang dapat menyulut amarah massa. “Hal itu tetap kita antisipasi,” ujarnya. Dengan menelepon kembali si pengirim SMS.
Akan tetapi, lanjut Subnedih, nomor pengirim SMS tersebut tidak aktif ketika dihubungi. Menurutnya, orang yang mengirim SMS tersebut tidak menginginkan Pemilihan Gubernur ini berjalan damai.
Pihak kepolisian sendiri hingga saat ini tetap bersiaga menjalankan tugasnya dalam pengamanan wilayah hingga hasil pemilihan ditentukan oleh KPU Provinsi. “Kita bertugas 24 jam untuk pengamanan,” ujar Subnedih.
Meskipun kondisi Landak mulai dari sebelum kampanye, pemilihan, hingga sidang pleno hasil rekapitulasi pilgub, dalam keadaan aman dan kondusif. Pihak kepolisian tidak ingin kecolongan dalam hal pengamanan.
Subnedih mengatakan bahwa kondisi kondusif dan aman di wilayah Landak, bukan hanya kinerja dari pihak kepolisian semata. “Akan tetapi juga peran serta dari para masyarakat,” ujarnya.
Karenanya, Subnedih mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Landak yang hingga saat ini tetap menjaga keamanan lingkungannya.
Bahkan, berdasarkan Memorandum Of Understanding (MOU) yang dilakukan bersama tokoh masyarakat dan tim sukses semua kandidat, ujar Subedih. Pada Kamis (22/11) lalu, tokoh masyarakat dan tim sukses diundang untuk berkumpul di Polres Landak. “Kita (kepolisian) mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah membantu kinerja kita dalam pengamanan,” ujarnya.
Lingkungan yang aman merupakan keinginan setiap masyarakat, yang harus tetap dipelihara dan dijaga oleh masyarakat sendiri. Ini semua dapat terwujud bila setiap masyarakat dapat terus menahan emosi dan harus waspada terhadap isu-isu yang memprovokasi.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger