Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 23 November 2007

Cornelis – Christiandy Raih 39,33% Suara, UJ-LHK 33,33 %

* Pleno Rekapitulasi KPUD Kapuas Hulu

Yulan Mirza
Borneo Tribune, Putussibau

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar pleno hasil rekapitulasi suara untuk Kabupaten Kapuas Hulu di Aula Kantor Bupati, Rabu (21/11) kemarin. KPUD Kabupaten Kapuas Hulu menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut empat, Drs Cornelis MH dan Christiandy Sanjaya, sebagai peraih suara terbanyak dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat, untuk daerah pemilihan Kabupaten Kapuas Hulu.

Pasangan Cornelis unggul dari tiga pasangan calon lainnya dengan memperoleh suara sebanyak 46.159 suara atau 39,33%. Sementara di posisi kedua ditempati pasangan calon nomor urut satu, Usman Ja’far-LH Kadir dengan perolehan suara sebanyak 39.117 atau 33,33%, disusul pasangan Akil Mochtar-AR Mercer sebanyak 26.171 suara atau 22,30% dan pasangan Oso-Liyong sebanyak 5.913 suara atau 5,04%.
Rapat pleno yang dipimpin langsung Ketua KPUD Kapuas Hulu, H.M Thaib Noeh, itu dihadiri tiga anggota KPUD lainnya, Panwasda Kabupaten Kapuas Hulu, saksi tiga pasangan calon, dan para pimpinan partai politik pengusung. Hanya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Akil Mochtar-AR Mercer tidak datang dalam hasil rekapitulasi KPUD tersebut.
Tampak hadir juga Wakil Bupati Kapuas Hulu, Drs Y Alexander, M.Si, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Priyo Mujihad, dan Dandim 1206 Putussibau Letkol. Inf Toyo. Pleno yang digelar pukul 09.00 WIB sempat molor menjadi setengah jam. Padahal, para saksi dan undangan lainnya telah hadir lima belas menit dari waktu undangan tersebut. Tetapi keterlambatan itu tidak mengganggu proses rapat pleno yang kemudian digelar hingga menjelang sore hari itu.
Di luar aula, sejumlah petugas kepolisian dan petugas Sat Pol PP tampak berjaga-jaga.
Rapat pleno sendiri dimulai dengan pembukaan rekapitulasi yang dikirim masing-masing panitia pemilihan kecamatan. Secara berurutan, ketua KPUD membuka amplop berisikan lembaran rekapitulasi masing-masing PPK tersebut. Anggota KPUD, M Saini Hadi, ST, membacakan laporan rekapitulasi tersebut yang langsung dientry petugas sekretariat KPUD. Para saksi dan tamu undangan dapat melihat langsung dari layar yang telah disediakan panitia.
Dari awal dibuka untuk daerah pemilihan kecamatan Putussibau, pasangan Cornelis-Christiandy langsung memperoleh suara terbanyak. Setidaknya, pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini unggul di lima belas kecamatan dari dua puluh tiga kecamatan yang ada di kabupaten Kapuas Hulu. Cornelis-Christiandy unggul di kecamatan Putussibau, kecamatan Kedamin, Manday, Kalis, Embaloh Hilir, Embaloh Hulu, Mentebah, Semitau, Seberuang, Silat Hilir, Silat Hulu, Empanang, Puring
Kencana, Badau dan kecamatan Batang Lupar.
Sementara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Usman Ja’far-LH Kadir unggul di delapan kecamatan. Di antaranya kecamatan Bunut Hilir, Boyan Tanjung, Bunut Hulu, Embau, Batu Datu, Hulu Gurung, Selimbau dan Suhaid.
Rapat pleno itu sendiri sempat di skor Ketua KPUD selama satu jam untuk menunggu print out rekapitulasi yang sudah di entry. Setelah diprint out, berita acara hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara itu kemudian ditandatangai Ketua KPUD beserta anggota dan juga saksi-saksi yang hadir.
Dalam arahan singkatnya, Ketua KPUD Kabupaten Kapuas Hulu, H.M Thaib Noeh mengatakan, berita acara rekapitulasi yang ditandatangai merupakan sub ketetapan dari ketetapan yang akan dikeluarkan oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat.
“Berita acara yang ditandatangani hari ini akan dibawa ke KPU Provinsi untuk kemudian direkapitulasi kembali bersama hasil rekapitulasi dari kabupaten lainnya. Baru setelah itu keluar ketetapan final dari KPU Provinsi tentang pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak dan ditetapkan sebagai pemenang,”jelasnya.
Thaib menambahkan pihaknya sangat bersyukur bahwa rapat pleno penetapan rekapitulasi perhitungan perolehan suara masing-masing calon Pemilu gubernur dan wakil gubernur untuk wilayah kabupaten Kapuas Hulu dapat segera dilakukan. Itu semua terjadi, lanjut Thaib, berkat dukungan dari para panitia pelaksana di lapangan; baik itu dari tingkat TPS, PPS hingga PPK.
“Semua bekerja dengan baik. Walaupun masih ada persoalan di beberapa kecamatan, namun semuanya kemudian berjalan lancar. Kita bersyukur pleno rekapitulasi ini dapat diselenggarakan dengan segera,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Drs Y Alexander, M.Si, mengatakan, berjalan lancarnya proses demokratisasi pemilu gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat di Kapuas Hulu tentunya membawa dampak positif bagi daerah ini. Sebab, dengan tertib dan lancarnya pelaksanaan Pemilu kali ini menunjukkan bahwa Kapuas Hulu merupakan salah satu daerah yang kondusif.
“Saya atas nama pemerintah daerah berterima kasih dan menghaturkan penghargaan kepada masyarakat Kapuas Hulu yang telah bersama-sama membangun keamanan, ketertiban dan kelancaran pemilu gubernur dan wakil gubernur tahun ini,” kata Alex.
Selain itu, Alex juga berterimakasih kepada aparat keamanan yang telah mengerahkan pasukan penuhnya untuk mengamankan jalannya Pemilu gubernur dan wakil gubernur. Baik itu mulai dari masa-masa kampanye, masa tenang, pada saat hari pencoblosan hingga proses rekapitulasi perhitungan suara. Alex juga berharap kondisi aman dan tertib yang ada sekarang ini dapat tercipta dengan baik.
“Siapapun pemenangnya adalah pilihan terbaik masyarakat Kalimantan Barat. Kita berharap ke depan Kapuas Hulu akan lebih diperhatikan dan maju seperti daerah lainnya,”pungkasnya.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger