Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Rabu, 07 November 2007

Cornelis Kuasai Melawi


Pasar Pinoh Macet Dua Jam


Oleh: Tanto Yakobus

Kandidat Gubernur Kalbar nomor urut 4, Drs. Cornelis, MH dan Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM mengakhiri kampanye terbuka di zona IV yang meliputi Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu dan Melawi. Di tiga lokasi kampanye tersebut, pasangan yang mengandalkan wong cilik ini selalu diserbu massa fanatiknya.
Rabu (7/11) kemarin giliran lapangan sepakbola Kecamatan Nanga Pinoh menjadi lautan massa. Sejak pukul 11.00 massa yang berasal dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Melawi mulai bergerak menuju Nanga Pinoh untuk menyaksikan kampanye terbuka calon gubernur baru, yakni pasangan Cornelis-Christiandy Sanjaya dan sejumlah jurkam baik provinsi maupun daerah.
Kampanye selalu dibuka dengan lagu-lagu perjuangan, yakni Maju Tak Gentar. Jurkam yang tampil perdana adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Melawi, Drs. Kluisen. Dalam orasi politiknya, Kluisen mengajak masyarakat Kabupaten Melawi memberikan suaranya kepada Cornelis pada pilkada 15 November nanti.
“Marilah kita mendukung pak Cornelis, karena beliaulah yang faham dengan kondisi pembangunan di Kalbar. Jangan berharap dengan orang-orang yang hanya menginginkan kekuasaan,” pinta Kluisen.
Melihat lapangan sepakbola yang penuh sesak dengan massa yang sejak lama menantinya, Cornelis mengatakan, itu sebagai bukti dukungan masyarakat kepadanya. Selain mengajak masyarakat untuk memilik nomor 4 pada tanggal 15 November nanti, Cornelis kembali membakar semangat perjuangan masyarakat dengan jargon-jargon andalannya, seperti mengangkat isu kemiskinan, pendidikan yang rendah, keterbelakangan dan masalah pembangunan yang pincang.
Dalam kesempatan itu Cornelis menegaskan tekadnya membangun Kalbar, bahkan bila terpilih akan mempercepat lahirnya Provinsi Kapuas Raya yang saat ini tengah menjadi aspirasi masyarakat lima kabupaten yakni, Sintang, Sanggau, Sekadau, Melawi dan Kapuas Hulu. “Saya akan memperjuangkan provinsi baru tersebut menjadi provinsi khusus di Kalimantan ini,” tegasnya.

Pasar Macet
Massa yang rata-rata wong cilik tersebut tidak hanya memadati lapangan sepakbola Nanga Pinoh saja, tapi meluber hingga ke pasar. Tak ayal lagi, pasar yang membentuk jalan utama dalam kota Nanga Pinoh itu macet selama kurang lebih dua jam.
Kemacetan semakin parah saat massa yang membubarkan diri usai mengikuti kampanye Cornelis tepat pukul 16.00 WIB. Walau terjadi kemacetan, massa pulang ke rumah masing-masing secara tertib.
Selama tiga hari menggelar kampanye di zona IV, kandidat gubernur yang diusung PDI Perjuangan ini selalu ramai diikuti massa. Di Putussibau, Cornelis-Christiandy mampu memerahkan Gor Uncak Kapuas, lalu di Sintang, massa menyemut di Stadion Banting. Kemarin giliran lapangan sepakbola Nanga Pinoh jadi saksi bisu tumpahan massa.Hari ini, Cornelis-Christiandy memulai kampanye di Zona III yang meliputi Kabupaten Sanggau, Sekadau dan Kabupaten Landak. Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan KPUD Provinsi Kalbar, Cornelis akan mengakhiri kampanye terbukanya di Ngabang, Kabupaten Landak.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger