Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Rabu, 02 Maret 2011

Wariskan Generasi Sehat dan Cerdas


PONTIANAK--Gubernur Kalbar, Cornelis melantik Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) di Hotel Mahkota, Senin (18/2).

Dalam sambutannya, Gubernur mengingatkan kepada pengurus melakukan sosialisasi dan pembelajaran kemasyarakat agar gemar makan ikan dengan berbagai metode sosialisasi.
“Tujuan untuk menggalakkan makan ikan sangat baik, karena ikan adalah makanan yang mengandung protein tinggi dan memiliki resiko yang kecil terhadap kesehatan dan dampak lainnya selama mengkonsumsinya dengan cara yang benar,” terang Cornelis.
Dengan menggalakkan mengkonsumsi ikan pada masyarakat, secara tidak langsung akan mendongkrak peningkatan gizi pada masyarakat terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sehingga. Gubernur berharap dengan meningkatnya konsumsi ikan ke depan generasi penerus memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik serta berimplikasi kepada kualitas sumber daya manusia.
Diharapkan Forikan dan Ny. Frederica Cornelis sebagai Ketua umum, Gubernur berharap dapat segera menindaklanjuti dengan membentuk cabang-cabang Forikan di tingkat Kabupaten dan kota agar semakin efektif dalam menggalakkan gemar makan ikan.
Sementara, Frederica Cornelis saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa upaya ke depan akan lebih meningkatkan program selama ini telah disusun dan melakukan evaluasi dan peningkatan sehingga apa yang telah didapat dapat menjadi modal dasar untuk melangkah lebih maju.
“Sosialisai untuk menggalakan gemar makan ikan adalah kunci utama dan semua pihak memiliki kewajiban untuk turut serta didalamnya,” terang Frederica Cornelis usai pengukuhan.
Untuk memenuhi kebutuhan akan ikan baik ikan laut maupun ikan air tawar, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalbar sudah menyiapkan beberapa program untuk penyediaan ikan dimasyarakat diantaranya menggalakkan budidaya ikan lele kolam terpal, dimana masyarakat yang tergabung dalam kelompok kecil akan diberi modal usaha dan pelatihan untuk membudidayakan ikan lele.
“Se- Kalbar akan kita galakkan budidaya ikan lele sehingga diharapkan kebutuhan ikan lele dimasyarakat dapat disuplay oleh kelompok-kelompok pembudidaya tersebut,” terang Gatot Rudianto Kadis DKP.(AK/HBT)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger