Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 20 Juli 2010

Kalbar akan Gelar Pameran Dagang di China


Gubernur Cornelis beserta Ketua TP PKK Provinsi didampingi Walikota Pontianak Sutarmiji dan Kepala BPMD Kalbar M. Zeet Ashovie membuka secara resmi Kalbar Expo 2010 di PPC, Jumat (9/7). Kegiatan dilakukan bersamaan dengan Borneo Investment. FOTO Lukas B Wijanarko/Borneo Tribune
==============
Pontianak (Borneo Tribune)--Pemprov Kalbar akan menggelar pameran dagang dan potensi usaha di China, pada September mendatang.

"Kalbar dapat tawaran untuk pameran di China. Saya sudah minta instansi terkait seperti Disperindag dan Badan Penanaman Modal Daerah untuk menemui Menteri Perdagangan terkait hal itu," kata Gubernur Kalbar Cornelis disela "Kalbar Expo" 2010 di Pontianak, Jumat (9/7) malam.
Menurut Cornelis, pameran tersebut merupakan peluang bagi Kalbar maupun Pemkab/Pemkot untuk menawarkan produk dan potensi alam unggulan ke pasar internasional.
China sendiri, kata dia, kini menjadi salah satu barometer ekonomi dunia yang punya peran sangat strategis.
Ia menambahkan bahwa saat ini perlu dilakukan pemetaan terhadap produk-produk unggulan yang ada di Kalbar. "Produk apa yang nantinya jadi unggulan dan dapat dipamerkan di China," kata dia.
Ia melanjutkan, salah satu sektor yang layak untuk ditawarkan ke pasar internasional adalah pertambangan. "Kalbar punya uranium yang tersebar di beberapa daerah," katanya menambahkan.
Namun, katanya, Kalbar juga dapat mencari masukan mengenai peluang yang dapat dikembangkan di daerah ini dari China. Misalnya, kata Cornelis, adalah pada sektor peternakan sapi.
"Selama ini sapi untuk kebutuhan Kalbar masih dipasok dari Madura, Jawa Timur. Padahal tanah Kalbar masih sangat luas untuk bisa dikembangkan bagi sektor peternakan itu," kata Cornelis.
Selain itu, kata dia, sektor perikanan juga merupakan sektor unggulan yang dapat ditawarkan ke investor asing.
Cornelis mengatakan, selain potensi alam, bukan tidak mungkin kalau Kalbar dapat menarik industri di China untuk relokasi ke Kalbar. "Dengan jaminan keamanan dan tidak ada pemecatan, lahan kita sediakan," katanya.
Ia mengemukakan bahwa Kalimantan sangat layak untuk investasi skala besar dan jangka panjang karena termasuk daerah yang aman dari bencana alam seperti gempa.
Karena itu, ia berharap, rencana pameran itu juga didukung oleh organisasi perdagangan dan usaha. "Pemerintah dapat bekerja sama dengan Kadin selaku organisasi perdagangan yang diakui untuk mempromosikan produk unggulan," kata Cornelis.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger