Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 01 Juni 2010

Gubernur Tinjau Jalan Pararel Perbatasan


SINTANG--Gubernur Cornelis dan istri Ny. Frederika Cornelis beserta sejumlah kepala dinas dan kepala bagian Pemprov Kalbar, Kamis (13/5) melakukan peninjauan jalan pararel perbatasan yang melintas di Kabupaten Sanggau dan Sintang.

Peninjauan dilakukan Gubernur dan rombongan dimulai dari titik Balai Karangan (Sanggau) terus ke arah timur hingga tembus ke Kecamatan Ketungau Hulu (Sintang).
Setibanya di Senaning, Gubernur dan rombongan disambut dengan upacara adat. Kemudian Gubernur melakukan dialog langsung dengan masyarakat perbatasan.
Masyarakat Desa Senaning dan Jasa yang hadir dalam dialog dengan Gubernur Cornelis tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. berbagai persoalan pun diungkapkan secara terbuka kepada Gubernur.
“Kami tidak minta uang ataupun yang lainnya Pak Gubernur. Kami hanya minta jalan perbatasan ini diperbaiki, sehingga kami bisa lebih cepat dan lebih dekat untuk sampai ke Sintang atau Balai Karangan,” pinta salah seorang warga.
Mendengar permintaan masyarakat perbatasan, Cornelis mengatakan agar masyarakat perbatasan--khususnya yang ada di Kecamatan Ketungau Hulu untuk bersabar. Sebab pembangunan perbatasan tidak hanya menjadi tanggung jawab dan urusan Pemkab dan Pemprov saja, tapi juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat. Termasuk tentang peningkatan status jalan pararel perbatasan menjadi jalan nasional, sedang menungu jawaban Pemerintah Pusat.
Demikian juga dengan pembukaan border menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Oleh karena itu kata Cornelis, untuk warga yang ingin keluar masuk Malaysia diharapkannya bisa mengoptimalkan fungsi border perbatasan yang telah ada. Yaitu border Entikong, Aruk dan Badau.
“Untuk membuka border itu tidak mudah. Karena menyangkut dua negara. Kita sudah siap, ternyata Malaysia belum siap. Karena mereka juga punya kepentingan. Jadi masyarakat harus bersabar, karena negara pastilah memberikan yang terbaik baik warganya,” paparnya.
Saat ini menurutnya pemerintah provinsi tengah menunggu peraturan pemerintah sebagai penjabaran dari UU yang mengatur perbatasan. Peraturan pemerintah itu sendiri kelak akan menjadi dasar dibentuknya badan pengelola perbatasan di sejumlah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia, termasuk Kabupaten Sintang.
Cornelis juga mengatakan bahwa setelah melakukan peninjaun jalan pararel perbatasan sampai di kecamatan Ketungau Hulu, maka hasil peninjauan lapangan tersebut akan dibawanya sebagai bahan rapat bersama menteri dalam negeri minggu depan.
Dalam kunjungan kerjanya meninjau jalan pararel perbatasan, Gubernur juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada rumah ibadah yang ada. Bantuan berupa organ dan wireless serta sejumlah dana yang diberikan kepada pengurus masjid dan gereja yang ada di Kecamatan Ketungau Tengah. Bantuan yang sama juga diberikan kepada pengurus rumah ibadah yang ada di kecamatan Ketungau Hulu.
Ketua TP PKK Kalbar Ny. Frederika Cornelis yang turut dalam rombonganpun menyerahkan bantuan berupa sejumlah dana dan sembako kepada korban musibah kebakaran yang menghabiskan 20 pintu ruko di Merakai kecamatan Ketungau Tengah. Bantuan langsug terima oleh salah satu korban kebakaran. Selain itu gubernur juga melakukan peresmian asrama pelajar SMAN 1 Ketungau Tengah.
Dengan berdirinya asrama tersebut, ia berharap semua masyarakat yang ada diperbatasan dan masih dalam usia sekolah dapat menikmati pendidikan. Sebab pemerintah telah memberikan fasilitas agar semua anak usia sekolah yang ada di daerah perbatasan bisa menikmati pendidikan.
Ketika rombongan Gubernur tiba di Merakai Kecamatan Ketungau Tengah, terlihat ribuan massa memadati lapangan sepkabola kecamatan. Ribuan masyarakat Ketungau Tengah tersebut berkumpul guna menyaksikan kampanye monologis pasangan Milton Crosby-Ignasius Juan.(Hentakun/Endang Kusmiyati, Borneo Tribune)

1 komentar:

Iyus a.k.a "iyuz_black" mengatakan...

Semoga bapak juga berkenan mengunjungi daerah kami Kec.PURING KENCANA,Kab.Kapuas Hulu......Banyak cerita menarik di sana,termasuk "perjuangan" untuk mencapai ibukota kecamatannya yang mungkin tidak di kenal oleh dunia luar...

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger