Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Senin, 26 Januari 2009

Optimalkan Potensi Daerah

Kota Pontianak Tuan Rumah HKG 2009


Hentakun/Devi/Hartono
Borneo Tribune, Ngabang

“Melalui Hari Kesatuan Gerak PKK, Kita Melangkah Bersama untuk Mewujudkan Keluarga Sejahtera”, demikian tema Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-36 tahun 2008 di Indonesia, seperti disampaikan dalam pidato Ketua Umum Tim Penggerak PKK Nasional, Ny. Effi Mardiyanto, yang dibacakan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Ny. Frederika Cornelis, dalam peringatan puncak HKG-PKK se-Kalbar yang dipusatkan di Ngabang, Selasa-Rabu (20-21/1).

Tema tersebut mempunyai misi, membawa keluarga Indonesia menjadi keluarga sejahtera dan tangguh membangun masa depan bangsa, menghadapi tantangan global. Selanjutnya meningkatkan upaya-upaya pemberdayaan keluarga, karena dari keluargalah dapat ditempuh langkah-langkah preventif pencegahan masalah sosial lebih luas.
Mengembangkan upaya pemberdayaan yang memungkinkan setiap keluarga memiliki daya tahan mencegah pengaruh tidak kondusif, serta keluarga yang mampu membangun diri dan lingkungan sesuai dengan potensinya. Menjaga semangat kepeloporan gerakan PKK, mewujudkan kualitas SDM dan masyarakat Indonesia yang semakin handal dan mampu mengatasi permasalahannya.
Sementara itu, Gubernur Kalbar, Cornelis, yang meninjau langsung lomba masak menu non beras dengan bahan lauk telur terakhir lomba membuat makanan renja dari bahan sukun, kagum dengan kreativitas yang dimiliki ibu-ibu PKK kabupaten/kota se-Kalbar, yang memanfaatkan secara optimal potensi daerah yang dimiliki Kalbar. Hal ini menurut Cornelis merupakan kecerdasan para pemimpin di Kalbar terutama bupati dan walikota memanfaatkan potensi lokal. Disamping itu, Cornelis mengharapkan kegiatan gabungan seperti ini, setiap daerah kabupaten/kota di Kalbar dapat saling mengenal kekayaan dan potensi daerah lain.

Kota Pontianak
Lebih lanjut Frederica Cornelis, usai menanam pohon di halaman kantor bupati Landak, menyampaikan bahwa, HKG PKK ke-37 Provinsi Kalbar dilaksanakan akhir tahun 2009 dipusatkan di Kota Pontianak.
Menurutnya, tahun 2007 (dua tahun lalu) seharusnya HKG dilaksanakan di Kapuas Hulu, karena mereka belum siap akhirnya diserahkan ke Kabupaten Landak Landak, tetapi karena ketua lama Ny. Maya Usman Ja’far mengakhiri jabatan, maka kegiatan HKG dialihkan ke provinsi. ”Maka kedepan kegiatan HKG kita pusatkan di Kota Pontianak,” ucap Frederica dengan nada ramah.
Kedepan kata Frederica, pihaknya merancang banyak kegiatan, diantaranya, lomba lansia berprestasi (minimal usia 60 tahun) cerdas cermat, lomba pidato, BKB Kemas, lomba membaca menulis berhitung keaksaraan fungsional (Calisting KF), lomba mengisi kartu menuju sehat (KMS), lomba memasak menu non beras dengan bahan lauk telur dan terakhir lomba membuat makanan renja dari bahan sukun.
”Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kader apakah mereka ini memang benar-benar jadi kader, kalau dia memang jadi kader yang benar, kita yakin pasti paham,” katanya lagi.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger