Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 31 Januari 2008

Hari ini Bupati Landak Dilantik

Dilantiknya Gubernur Kalimantan Barat periode 2008-2013, Drs Cornelis, MH yang semula merupakan Bupati Landak menyebabkan kekosongan kursi kepala daerah pemekaran dari Kabupaten Pontianak ini. Wakil Bupati, Drs. Adrianus AS, M.Si hari ini akan dilantik sebagai Bupati definitif.

Gubernur Cornelis ketika menghadiri perayaan natal bersama di Gereja Santo Yohanes Pemandi Paroki Pahauman, Kamis (17/1) mengatakan dirinya akan melantik Bupati Landak pada Rabu (23/1) sekitar pukul 10.00. “Akan tetapi bila anggota dewan tidak berkeberatan,” ujarnya. “Sebab ada agenda sidang paripurna,” lanjutnya.
Rencana pelantikan Bupati Landak sendiri, sebenarnya akan diagendakan pada, Senin (21/1). Rencana ini, menurut Cornelis, diundur dikarenakan dirinya akan kedatangan tamu dari Jakarta dan Korea.
Ia mengatakan naiknya posisi Adrianus menjadi Bupati Landak merupakan suatu keberuntungan. “Itu merupakan rezeki luar biasa,” ujarnya. “Tanpa perlu mengikuti proses panjang pemilihan dan dukungan dari partai politik, tampuk kepemimpinan bisa diraih.” Bahkan, lanjut Cornelis, kursi Bupati dapat diduduki tanpa perlu capek-capek lagi berkampanye.
Adrianus memimpin Landak tanpa didampingi oleh wakil. Hal ini dikarenakan masih belum ada Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur kasus seperti ini.
“Saya sedang menanyakan hal ini kepada Menteri Dalam Negeri. Agar kasus serupa dapat terangkum di dalam Undang-Undang di Indonesia,” papar Cornelis.
Cornelis berharap, mudah-mudahan pertengahan 2008 ini, PP dapat direvisi dan Bupati Landak nantinya dapat memiliki wakil, yang ditentukan oleh partai pemenang dalam pemilihan dan disetujui oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Sebab, menjadi Bupati tanpa memiliki wakil merupakan pekerjaan yang tidak gampang. Bak jargon sebuah iklan televisi, Bupati yang menjalankan roda pemerintahan tanpa memiliki wakil harus ‘siap setiap saat’.□Arthurio Oktavianus/Borneo Tribune


0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger