Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 16 November 2007

Tim Cornelis-Christiandy Klaim Menang Pemilu Gubernur Kalbar

Borneo Tribune, Pontianak

Tim Kampanye Cornelis - Christiandy Sanjaya (CC) mengklaim hingga Jumat pukul 17.13 WIB pasangan tersebut telah mengumpulkan 871.826 suara atau 43,20 persen dari total 2,018 juta pemilih sehingga patut dinyatakan sebagai pemenang dalam Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat Periode 2008-2013.


Sementara untuk pasangan incumbent, Usman Ja`far - Laurentius Herman Kadir (UJ-LHK) hanya mengumpulkan 633.042 suara atau 31,36 persen.
Ketua Tim Kampanye CC, Thomas Alexander kepada wartawan di Pontianak, Jumat malam, mengatakan, hasil itu diperoleh setelah melihat penghimpunan data yang dilakukan tim mereka, pasangan yang diusung PDI Perjuangan itu unggul di delapan daerah pemilihan.
Delapan daerah pemilihan itu yakni Kabupaten Bengkayang, Landak, Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu dan Kota Singkawang.
Sedangkan UJ-LHK di tiga daerah pemilihan yakni Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak dan Kabupaten Sambas. Satu daerah pemilihan lain, Kabupaten Ketapang, direbut oleh pasangan Oesman Sapta Odang - Ignatius Lyong (OSO-Lyong). OSO - Lyong mengumpulkan 323.606 suara secara keseluruhan.
Pasangan Akil Mochtar - AR Mecer (AM), berada di nomor buncit dengan perolehan secara keseluruhan 189.866 suara.
"Angka rekapitulasi ini masih sementara karena terus diperbarui oleh tim kampanye yang ada di tiap TPS (tempat pemungutan suara)," katanya.
Anggota Tim Kampanye CC, Makarius Sintong mengatakan, untuk memperoleh data tersebut, mereka mengerahkan sedikitnya 30 ribu orang. Mekanismenya, satu orang ada di tiap TPS sebagai saksi, juga di tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.
Data yang diperoleh di tiap TPS kemudian disampaikan ke seksi penghitungan suara tingkat desa, kecamatan untuk selanjutnya dikirim melalui faksimil ke tim kampanye tingkat provinsi.
"Mekanisme ini membuat data yang diperoleh lebih cepat diketahui dibanding KPU," kata Makarius Sintong.
Ia menambahkan, angka untuk pasangan CC kemungkinan terus bertambah karena masih ada TPS di basis pendukung yang belum mengirimkan datanya. Selain itu, kacaunya pendataan pemilih membuat banyak warga tidak dapat menyalurkan hak pilihnya.
"Tetapi secara keseluruhan pelaksanaan pemilu gubernur secara langsung untuk pertama kalinya di Kalbar ini sudah cukup baik," kata Makarius Sintong.
Tingkat partisipasi pemilih sekitar 70 persen dari total pemilih yang terdata sebanyak 2,93 juta orang. Menurut Mickael Jeno, anggota Tim Kampanye CC, angka tersebut cukup representatif mengingat kondisi Kalbar yang belum seluruhnya terjangkau serta terbatas infrastruktur.
"Dibanding DKI Jakarta yang jauh lebih lengkap dengan tingkat partisipasi pemilih sekitar 60 persen, untuk Kalbar angka itu telah mewakili," kata Mickael Jeno.
Ia berharap, KPU Daerah Kalbar tidak berlama-lama dalam menetapkan calon terpilih untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan. KPU Daerah Kalbar menjadwalkan rapat pleno penetapan calon terpilih pada Senin, (27/11).Antara□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger