Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 09 November 2007

Massa Cornelis Tumpah di Sanggau


Oleh: Herkulanus Agus

Kampanye pasangan calon Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH- Drs. Cristandy Sanjaya, SE, MM, Kamis (9/11) di Stadion Glora Pancasila Sanggau berlangsung sukses. Massa yang datang dari berbagai daerah di Bumi Dara Nante tumpah ruah.
Mereka ingin memberikan dukungan sepenuhnya kepada calon nomor urut 4 yang diusung PDI Perjuangan tersebut. Sebelum berkumpul di gelora Pancasila Sanggau Permai. Masa terlebih dahulu mengikuti iring-iringan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat dari arah Jalan Jendral Sudirman. Masa tampak simpatik dengan sang idola. Mereka meneriakan hidup Cornelis… hidup Cornelis, ketika berpapasan dengan para pendukung.
Saking banyaknya massa dan iring-iringan kendaraan. Lalu lintas sempat macet. Kendaraan para pendukung pun tidak bisa melaju. Para pengendara tampak berhati-hati mengendarai kendaraannya. Karena jalan menuju lokasi kampanye banyak tanjakan dan turunan cukup tajam.
Kampanye Cornelis dan Cristandy Sanjaya, dibuka dengan lagu Maju Tak Gentar yang dilanjutkan dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Usai lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pejuang. Tarian multi etnis yang terdiri Dayak, Melayu dan Tionghoa juga ditampilkan saat itu.
Ketua Tim Kampanye Kabupaten Sanggau, Krisantus Kurniawan, S.IP, M.Si, memberikan semangat kepada massa pendunkung. Mengungkapkan strategi yang akan dibuat Cornelis-Cristandy adalah untuk kesejahteraan rakyat Kalbar, syaratnya, masyarakat mencoblos No. 4 dalam Pilgub, 15 November mendatang. ”Jangan lupa pada tanggal 15 November nanti, coblos nomor 4,” ajak Krisantus dengan suara nyaring.
Inul Daratista dan Trio Macan yang didatangkan dalam kampanye tersebut, memukau para pendukung yang hadir. Mereka berjingkrak-jingkrak dan bergoyang mengikuti irama dangdut. Terlebih ketika tiga dara manis tersebut mendendangkan lagu andalanya kucing garong.
Setelah puas dengan goyang dangdut. Cornelis yang dijuluki sang pemersatu wong cilik itu, menyampaikan pidato politiknya.
“Kalau berani jangan takut-takut, kalau takut jangan berani-berani,” teriak Cornelis untuk mengugah semangat para pendukungnya.
Cornelis berjanji akan melakukan perubahan, termasuk memekarkan Kabupaten Sanggau menjadi dua bagian. Dengan membentuk Kabupaten Sekayam, jika ia terpilih nanti.
Ia sudah merancang bagaimana skenario untuk pemekaran wilayah tersebut dengan mantan Bupati Pontianak Drs, Cornelius Kimha, M.Si.
“Ia telah terbukti mampu memekarkan kabupaten baru yaitu Landak dari Kabupaten Pontiaanak,” terangnya.
“Untuk coblos No 4 tanggal 15 November nanti,” ingatnya.
Setelah Cornelis dan Cornelius Kimha memberikan orasi politiknya. Artis Ibu Kota yang terkenal dengan goyang ngebornya Inul Daratista, ditampilkan untuk menghibur masa. Inul, meneriakan yel-yel untuk mendukung Cornelis. Ia mengajak salah satu pendukung naik ke panggung untuk bergoyang ria. Selain itu Eri Susan juga ikut menyemarakan kampanye Cornelis.
Secara bergantian, para jurkam Cornelis menyampaikan orasi politik sesuai kondisi riil Kalimantan Barat, diantaranya Makarius Sintong, SH, MH, William Amat, BA, Sujiwo, SE, dan Martinus Sudarno, SH. Saking banyaknya massa, sang Pemersatu sampai terlambat tiba di panggung. Namun itu tidak mengurangi semangat perjuangan, massa tetap semangat dengan hiburan artis ibukota dan iringan Madonna Band dari Pontianak.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger